Praktik Arisan Online Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Jember)

Badriyah, Lailatul (2024) Praktik Arisan Online Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-005-HES-2024)
LAILATUL BADRIYAH_S20172062 WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Lailatul Badriah, 2024: “Praktik Arisan Online Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Jember).”

Kata Kunci: Arisan Online, Hukum Ekonomi Syariah

Salah satu contoh kegiatan muamalah yang sering berlangsung di Indonesia adalah Arisan. Sebagai warisan bagi generasi mendatang, arisan telah terintegrasi ke dalam muamalah dalam berbagai kelompok masyarakat, termasuk bisnis, organisasi pemerintah, sekolah, dan tempat ibadah. Namun dalam beberapa tahun terakhir, fenomena arisan online telah menjadi tren di Indonesia. Dalam arisan online, peserta berpotensi mendapatkan keuntungan besar dengan catatan mereka mendapatkan nomor urut terakhir. Sebab keuntungan potensial ini, banyak orang tertarik untuk bergabung dalam arisan online.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana system arisan online di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember? 2) Bagaimana problematika pelaksanaan arisan online di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember? 3) Bagaimana solusi problematika pelaksanaan arisan online di Desa Badean Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini ialah: 1) untuk mendeskripsikan sistem arisan online di Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan problematika pelaksanaan arisan online di Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. 3) Untuk mendeskripsikan solusi problematika arisan online di Desa Badean, Kecamatan Bangsalasri, Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan metode induktif dan deskriptif serta jenis studi kasus. Lokasi dalam penelitian ialah di Desa Badean, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Miles, Huberman, dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Lailatul Badriyah
Date Deposited: 08 May 2024 07:56
Last Modified: 17 Jul 2024 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item