ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER

Ratriningsari, Candra Dewi (2024) ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Candra Dewi Ratriningsari_NIM. 204105030114.pdf

Download (4MB)

Abstract

Candra Dewi Ratriningsari. 2023: Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SDN Ajug 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Guna mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, pemerintah memberikan bantuan keuangan kepada masyarakat melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana BOS diberikan kepada semua lembaga pendidikan dalam rangka wajib belajar 12 tahun. Seperti SDN Ajung 02, yang mengeluarkan biaya operasional dari dana BOS, mereka harus bertanggung jawab secara transparan kepada otoritas yang lebih tinggi, masyarakat umum, dan sesama.
Rumusan masalah: 1) bagaimana pengelolaan Dana BOS di SDN Ajung 02?, 2) bagaimana penerapan prinsip akuntabilitas pada pengelolaan Dana BOS di SDN Ajung 02?, 3) bagaimana penerapan prinsip transparansi pada pengelolaan Dana BOS di SDN Ajung 02?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Ajung 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Subyek penelitian: Kepala Sekolah, Guru, Bendahara, dan Komite Sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data: data collection (pengumpulan data), reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dan menggunakan keabsahan data: triangulansi sumber, dan triangulansi teknik.
Penelitian ini dapat disimpulkan pengelolaan Dana BOS sudah sesuai dengan kemendikbudRistek No 63 Tahun 2022. Pada proses pengelolaan dibagi menjadi proses perencanaan, proses pelaksanaan, dan proses pelaporan dilakukann dengan baik. Berdasarkan indikator akuntabilitas, penerapan akuntabilitas sudah baik sekolah mempertanggungjawabkan dengan membuat laporan keuangan setiap bulannya. Akan tetapi kurang adanya sosialisasi mengenai laporan tersebut. Berdasarkan indikator transparansi, penerapan transparansi sudah baik. Sekolah menyediakan dokumen yang disusun dengan baik untuk diakses oleh warga sekolah, memastikan bahwa dokumen tersebut jelas, lengkap, dan mudah diakses, seperti dengan memampang RKAS di papan pengumuman. SDN Ajung 02 kemudian membuat proses perencanaan transparan dan melibatkan seluruh warga sekolah.

Kata kunci: pengelolaan Dana BOS, akuntabilitas, dan transparansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Miss Candra Dewi Ratriningsari
Date Deposited: 06 May 2024 02:52
Last Modified: 06 May 2024 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32494

Actions (login required)

View Item View Item