Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember

Anissa, Firdaus (2024) Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-MPI2024)
SKRIPSI_FIRDAUS ANISSA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Firdaus Anissa, 2024: Strategi Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.

Kata Kunci: Strategi Madrasah, Meningkatkan Peserta Didik.

Strategi madrasah adalah rencana atau pendekatan yang dirancang untuk mencapai tujuan madrasah dan pengembangan madrasah. Ini meliputi langkah-langkah yang diambil oleh kepala sekolah, staf pengajar, dan pihak terkait lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mencapai visi dan misi madrasah, dan memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik. Strategi madrasah dapat mencakup berbagai aspek, termasuk kurikulum, pengelolaan sumber daya, pengembangan tenaga pendidik, dan kolaborasi dengan masyarakat ataupun pemerintah. Dengan strategi yang baik, madrasah dapat meningkatkan efektivitas pendidikan dan memberikan manfaat maksimal bagi peserta didik dan lingkungan sekitarnya.
Pendekatan teoritis dan empiris dalam penelitian sangat diperlukan. Oleh karena itu dalam penulisan skripsi ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatakan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi terstruktur, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh miles dan Huberman yakni meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Kemudian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi internal madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Jember? 2) Bagaimana strategi eksternal madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Jember?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan terkait strategi internal madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Jember 2) Untuk mendeskripsikan terkait strategi eksternal madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di madrasah ibtidaiyah negeri 2 Jember.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Strategi internal Madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember yakni meliputi, a) Meningkatkan kualitas peserta didik, b) Adanya fasilitas sarana prasarana yang memadai, c) Memperhatikan kualitas guru, dan d) Mendukung adanya kegiatan ekstrakurikuler. 2) Strategi eksternal Madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember yakni meliputi, a) penggunaan media sosial, b) Menjalin kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah terkait, c) Menjalin kerja sama antara masyarakat atau wali murid yang dimana aktif dalam mendukung kegiatan di madrasah, dan d) Transportasi antar jemput siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Firdaus Anissa
Date Deposited: 06 May 2024 02:11
Last Modified: 04 Jul 2024 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32496

Actions (login required)

View Item View Item