Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambipuji Jember

Na'im, Zahrin Nurun (2024) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-004-TMTK-2024)
Zahrin Nurun Na'im_205101070003-fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran penting dalam matematika ataupun pendidikan matematika. Melalui komunikasi matematis,siswa dapat berbagi ide, mengklarifikasi, dan mengungkapkan apa yang dipahami. Kemampuan komunikasi matematis yang baik akan mengantarkan siswa pada pemahaman konsep yang lebih dalam. Oleh karena itu,kemampuan komunikasi matematis sangat penting dimiliki siswa.
Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar kubus dan balok berdasarkan tiga indikator kemampuan komunikasi matematis menurut National Council of Teacher Mathematics (NCTM). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok berdasarkan tiga indikator kemampuan komunikasi matematis menurut NCTM.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, think aloud, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan komunkasi matematis pada indikator tertentu namun masih belum sempurna. Untuk indikator pertama, siswa dapat mengekspresikan ide-ide matematis dengan menuliskan sebagian hal yang diketahui dalam soal menggunakan simbol dan menggambarkan permasalahan dalam soal secara visual. Untuk indikator kedua, siswa dapat menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis namun masih terjadi kesalahan dalam perhitungan. Untuk indikator ketiga, siswa dapat menyajikan ide-ide matematis dan menghubungkannya menggunakan model matematika namun masih terdapat kesalahan karena kurangnya ketelitian. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Zahrin Nurun Na'im
Date Deposited: 06 May 2024 02:40
Last Modified: 05 Jul 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32497

Actions (login required)

View Item View Item