Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Salat Duha Berjemaah di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Fahmidah, Luthfiyah (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Salat Duha Berjemaah di Madrasah Tsanawiyah Annuriyyah Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
INTERNALISASI NILAI FAHMIDAH LUTHFIYAH 202101010106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis karena MTs Annuriyyah merupakan Madrasah dalam naungan pondok pesantren yang memberlakukan kegiatan salat duha berjemaah sebagai kegiatan utama dalam menanamkan karakter religius. Namun pada kenyataannya masih terdapat siswa yang tidak melakukan kegiatan salat duha dengan semestinya sesuai aturan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penulis ingin mengkaji internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah di MTs annuriyyah jember.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah:1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah pada siswa di MTs Annuriyyah Jember?, 2) Apa faktor pendukung internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah pada siswa di MTs Annuriyyah Jember?, 3) Apa faktor penghambat internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah pada siswa di MTs Annuriyyah Jember.
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan proses inteernalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah pada siswa di MTs annuriyyah jember, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah pada siswa di MTs Annuriyyah Jember, 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan salat duha berjemaah pada siswa di MTs Annuriyyah Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan model Milles dan Huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Internalisasi nilai religius melalui kegiatan salat duha berjemaah di MTs Annuriyyah Jember menggunakan empat proses: proses keteladanan yang memperoleh nilai karakter religius aspek ketuhanan meliputi nilai beriman dan nilai bersyukur, proses pembiasaan yang memperoleh nilai karakter religius aspek ketuhanan meliputi nilai taat dan nilai tawakkal, proses pemberian motivasi serta nasehat yang memperoleh nilai karakter religius aspek kemanusiaan meliputi nilai amanah dan nilai adil dan proses pemberian hukuman yang akhirnya dapat diperoleh nilai karakter religius aspek kemanusiaan meliputi nilai bertanggung jawab dan nilai jujur. 2) Faktor pendukung dalam kegiatan salat duha ini adalah kesadaran siswa dan partisipasi dari guru. 3) Faktor penghambat dalam kegiatan salat duha ini adalah terbatasnya sarana dan prasarana.

Kata Kunci; Internalisasi; Nilai-nilai Karakter Religius; Kegiatan Salat Duha Berjemaah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Midah Fahmidah Luthfiyah
Date Deposited: 06 May 2024 01:50
Last Modified: 06 May 2024 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32509

Actions (login required)

View Item View Item