KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING BANGSALSARI JEMBER

Muhammad, Faruq (0025) KEPEMIMPINAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM BULUGADING BANGSALSARI JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FARUQ NIM.223206010005.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Faruq, Muhammad, 2024. Kepemimpinan Kiai Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, M.Pd.I. Pembimbing II: Prof. Dr. H.Sofyan Tsauri, M,M.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kiai, Mutu Pesantren.
Kepemimpinan Kiai adalah pilar penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Keteladanan, kebijaksanaan, karisma, dan kedekatan mereka dengan masyarakat menjadikan mereka sebagai figur yang dihormati dan dipanuti. Di era modern, peran Kiai semakin penting dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan sosial. Kiai diharapkan mampu memperkuat moderasi beragama, meningkatkan kualitas pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Peran Kiai sebagai leader Di pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember? 2). Bagaimana Peran Kiai sebagai Manager dalam Pengembangan Mutu pendidikan Di pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember?
Penelitian ini bertujuan 1).Mendeskripsikan Peran Kiai sebagai leader Di pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember . 2). Peran Kiai sebagai Manager dalam Pengembangan Mutu pendidikan Di pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Bangsalsari Jember
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam tesis ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis Data yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan selanjutnya data diuji kebsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepemimpinan Kiai sebagai Leader meliputi sebagai pembimbing umat dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan benar. Menjadi imam shalat, memberikan ceramah keagamaan, dan memimpin berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Memberikan fatwa dan nasihat keagamaan kepada masyarakat yang membutuhkan. 2) Peran Kiai sebagai Manager meliputi Kiai menyusun visi, misi, dan tujuan pesantren. Menyusun rencana strategis dan operasional pesantren. Menyusun anggaran dan keuangan pesantren. Menyusun kurikulum pendidikan pesantren, Memantau pelaksanaan program dan kegiatan pesantren, Mengevaluasi efektivitas program dan kegiatan pesantren, Melakukan koreksi dan perbaikan terhadap program dan kegiatan pesantren, Melakukan audit keuangan pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: me muhammad faruq
Date Deposited: 08 May 2024 08:21
Last Modified: 08 May 2024 08:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32511

Actions (login required)

View Item View Item