PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 2 PROBOLINGGO

Mashudi, Mashudi (2024) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 2 PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-024-MPI-2024)
Mashudi NIM. T20193106 watermark-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Mashudi, 2024: Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo.

Kata Kunci :Supervisi, Supervisor, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru.

Supervisi kepala madrasah adalah pembinaan yang diberikan kepala madrasah terhadap seluruh tenaga pendidik madrasah agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memajukan situasi pembelajaran yang lebih baik.
Adapun fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MAN 2 Probolinggo?, 2) Bagaimana supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di MAN 2 Probolinggo? 1) Untuk mendeskripsikan supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di MAN 2 Kabupaten Probolinggo, 2) Untuk mendeskripsikan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di MAN 2 Probolinggo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.
Adapun hasil penelitian ini 1) Kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengembangkan profesionalisme guru yaitu dengan menyiapkan instrumen atau dokumen-dokumen pendukung supervisi akademik, menentukan guru serta menyiapkan administrasi pembelajaran guru dan menentukan jadwal pelaksanaan supervisi, dengan mengamati kinerja guru, menganalisis atau mengukur apakah ada dampak positif dari supervisi kepala madrasah, mengikutsertakan atau menugaskan guru untuk mengikuti berbagai diklat serta pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru. 2) Kepala madrasah sebagai supervisor untuk mengembagkan kompetensi profesionalisme guru yaitu dengan melakukan rapat sosialisasi dan membuat jadwal pelaksanaanya selanjutnya pelaksanaan supervisi akademik. Dalam pelaksanaanya Kepala madrasah menggunankan teknik individu seperti kunjangan kelas dan pertemuan pribadi antar guru yang akan disupervisi. Kepala madrasah juga memakai teknik kelompok diantaranya dengan rapat dewan guru, Tahap yang terakhir kepala madrasah akan membina dan memberitahukan letak kekurangan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mashudi Mas Ceria
Date Deposited: 14 May 2024 03:18
Last Modified: 04 Jul 2024 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32523

Actions (login required)

View Item View Item