Pengembangan Bahan Ajar Komik Didaktis Berbasis Kearifan Lokal Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Di MI Al-Ishlah Sumberanyar Lumajang

Diana Falhabibah Saifur Ridzal, -Diana (2024) Pengembangan Bahan Ajar Komik Didaktis Berbasis Kearifan Lokal Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Di MI Al-Ishlah Sumberanyar Lumajang. Masters thesis, Pascasarjana UIN KHAS Jember.

[img] Text
DIANA_FALHABIBAH_SAIFUR_RIDZAL FIX DIGILIB.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Diana Falhabibah Saifur Ridzal, 2024, Pengembangan Bahan Ajar Komik Didaktis Berbasis Kearifan Lokal Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di MI Al-Ishlah Sumberanyar Lumajang. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Mu’alimin, S.Ag., M.Pd.I
Kata Kunci: bahan ajar komik, kearifan lokal.
Pada pembelajaran dikelas 2, materi ungkapan permintaan maaf dan tolong diajarkan kepada siswa, yaitu terdapat pada semester genap Bab I berteman dalam keragaman, dengan materi menggunakan kata ajaib yang mana terdapat ungkapan permintaan maaf dan tolong. Hal ini, mendorong guru untuk mengembangkan strategi dan inovasi agar siswa dapat memahami isi bacaan dengan menggunakan bahan ajar komik. Komik adalah sebuah sususnan gambar yang bertujuan untuk memberikan inormasi yang ingin disampaikan kepada si pembaca.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan Bahan Ajar Komik Didaktis Berbasis Kearifan Lokal Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di MI Al-Ishlah Sumberanyar Lumajang. (2) Mengetahui Kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Komik Didaktis Berbasis Kearifan Lokal Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di MI Al-Ishlah Sumberanyar Lumajang. (3) Mengetahui efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Komik Didaktis Berbasis Kearifan Lokal Materi Ungkapan Permintaan Maaf dan Tolong Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di MI Al-Ishlah Sumberanyar Lumajang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ASSURE. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data kualitatif yang berupa deskriptif dalam bentuk kalimat yang berupa kritik dan saran dari validator ahli materi, bahasa dan media. Dan data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket penilaian validator ahli materi, bahasa, media, dan hasil penilaian pretest-posttest siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan (1) Proses pengembangan bahan ajar cetak berbentuk komik didaktis mengikuti tiga tahapan: 1) pembuatan bahan ajar cetak berbentuk komik didaktis, 2) mengukur kelayakan bahan ajar komik didaktis, 3) mengukur efektifitas bahan ajar komik didaktis. (2) hasil uji validasi materi 76%, validasi ahli bahasa 80%, dan validasi ahli desain media 78%. Dengan demikian bahan ajar ini pada kriteria baik. (3) hasil analisis paired sample T-test yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi hitung adalah sebesar 0,00 < 0,05, dan selisih rata-rata antara Pretest dan Posttest adalah 15,78947. Data t-hitung sebesar 8,955 dan t-tabel sebesar 1.734. oleh karena itu t-hitung 8,955 > t-tabel 1.734 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan skor Pretest dan Posttest sehingga bahan ajar komik efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: diana diana falhabibah saifur ridzal diana
Date Deposited: 16 May 2024 03:35
Last Modified: 16 May 2024 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32555

Actions (login required)

View Item View Item