Implementasi Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2022-2023

Hidayat, Sohibul (2023) Implementasi Pembelajaran Ahlusunnah Wal Jama’ah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SOHIBUL HIDAYAT_T20171205.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Aswaja yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Mambaul Hoiriyatil Islamiyah bertujuan mampu menjadi penguat karakter para siswa siswi di lama digaungkan. Di samping itu juga diharapkan mencetak pribadi yang berlandaskan Ahlusunnah Wal-Jama’ah di bumi Nusantara. Pembelajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah atau sering disebut dengan sebutan aswaja merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak diterapkan pada semua lembaga pendidikan, hanya lembaga pendidikan tertentu yang memasukkan Pembelajaran Aswaja ke dalam kurikulumnya.
Adapun fokus peneliti yang diambil dalam penelitian ini adalah : (1) Apa saja nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jama’ah dalam penguatan pendidikan karakter siswa di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah dalam penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Ahlusunnah Wal-Jama’ah dalam penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai Aswaja dalam penguatan pendidikan karakter siswa di Madrasah MA MHI. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajran Aswaja dalam penguatan pendidikan karakter siswa di MA MHI. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Aswaja dalam penguatan pendidikan karakter siswa di MA MHI.
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenisnya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: di Madrasah Aliyah Mambaul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Jember, hasil penelitian dari metode pembelajaran meliputi nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah ada 4 nilai yaitu: (1) Al-Tasamuh (2) Al-Tawasshut (3) I’tidal (4) Al-Tawazun, Dalam pelaksanaannya untuk menguatkan karakter siswa, yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab, membuat siswa lebih memahami apa yang mereka pelajari tentunya juga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari- hari, Sedangkan evaluasi pembelajaran Aswaja untuk mengetahui penilaian dan sejauh mana siswa faham terhadap mata pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. dilakukan dengan memberikan evaluasi berupa tanya jawab, ulangan harian serta melihat dari keaktifan siswa dan proses mereka mengikuti kegiatan aswaja. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang aswaja. Selanjutnya memberikan evaluasi pada akhir semester misalnya (UAS). Aswaja ini siswa lebih senang dalam proses pembelajarannya tidak membosankan dan yang pasti di buktikan dengan nilai rapot diatas KKM tengah maraknya arus ideologi dan globalisasi yang semakin gencar bahkan mengarah pada perbuatan radikalisme dan terorisme yang dapat merusak keutuhan NKRI yang sudah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: T20171205 Sohibul Hidayat
Date Deposited: 13 May 2024 04:22
Last Modified: 12 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32575

Actions (login required)

View Item View Item