sejarah tradisi ziaroh makam habib sholeh tanggul kulon, kecamatan tanggul, kabupaten jember pada tahun 1976-2022

Zahro, Lailatul (2024) sejarah tradisi ziaroh makam habib sholeh tanggul kulon, kecamatan tanggul, kabupaten jember pada tahun 1976-2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-SPI-2024)
Skripsi Lailatul Zahro Fiks (B5)_wm_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Lailatul Zahro. 2023. Sejarah Tradisi Ziarah Makam (Studi Kasus Makam Habib Sholeh Tanggul Pada Tahun 1976-2022.)
Makam Habib Sholeh bin Muhsin Al- Hamid merupakan salah satu makam yang sering dikunjungi oleh kalangan masyarakat Desa Tanggul Kulon, lebih khususnya masyarakat Jawa di Kabupaten Jember. Lokasi wisata religi makam Habib Sholeh Tanggul ini terletak di daerah Jember bagian Barat yakni tepatnya di sekitar Tanggul Komplek yang berada di sebelah selatannya stasiun Tanggul Jember.
Fokus penelitian dalam penelitian ini ada tiga yakni: (1) Bagaimana munculnya tradisi ziarah makam Habib Sholeh? (2) Bagaimana tradisi ritual ziarah makam Habib Sholeh pada tahun 1976-2022? (3) Bagaimana dampak tradisi ziarah makam Habib Sholeh terhadap kondisi sosial budaya masyarakat? Tujuan penelitian ini antara lain. (1) untuk mengetahui sejarah munculnya tradisi ziarah makam Habib Sholeh. (2) untuk mengetahui prosesi tradisi ritual ziarah makam Habib Sholeh serta untuk mengetahui motivasi masyarakat mengikuti tradisi ziarah makam Habib Sholeh. (3) untuk mengetahui perubahan maupun keadaan kondisi sosial, ekonomi, maupun budaya semenjak adanya tradisi ziarah makam Habib Sholeh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi oleh Max Weber. Sumber data primernya berupa wawancara dan sumber sekundernya berupa buku, jurnal, skripsi. Sedangkan metode yang dipakai oleh peneliti adalah metode penelitian sejarah melalui tahapan heuristik, verifikasi, interprestasi, maupun historigrafi. Sedangkan teori yang digunakan oleh peneliti ialah teori budaya yang dicetuskan oleh Peter Burke.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwasannya (1) sejarah muculnya tradisi ziarah makam Habib Sholeh ini berawal dari kepemiminan Habib Ahmad bin Abdullah Al-Hamid yaitu sekitar tahun 1976 semenjak Habib Sholeh wafat, adanya ziarah makam ini agar tetap terjaga silaturahmi dan nyambung terhadap sesepuh baik antara anak dengan orang tua, antara murid dengan guru. Pada masa Habib Abdullah bin Al-Hamid sistem kepengurusan makam dan orang-orang yang ziarah ke makam Habib Sholeh sudah banyak yang berdatangan.(2) Prosesi ritual tradisi ziarah makam Habib Sholeh di tahun 1976 membaca yasinan, tahlil, sholawat, akan tetapi saat dipegang oleh Habib Muhdor di tahun 2000 prosesi ritual ada sedikit penambahan yakni membaca kitab hikam setiap malam Ju’mat setelah para peziarah selesai melaksanakan ziarah. (3) Sedangkan adanya dampak tradisi ziarah terhadap kondisi sosial budaya masyarakat peneliti menggunakan tiga point yang pertama dari segi ekonomi bagi masyarakat pengangguran bisa membuka lapak usaha di sekitar makam dan mengurangi tingkat pengangguran, kedua dari segi sosial meningkatnya peluang usaha yang dulunya mayoritas masyarakat Tanggul merupakan seorang buruh tani dan penjual ikan di pasar, semenjak adanya wisata religi ini sebagian masyarakat tidak jauh-jauh membuka usaha dagangan seperti jualan sempol, sosis, dan lain sebagainya. ketiga dari segi budaya semenjak adanya tradisi ziarah makam masyarakat Tanggul terutama anggota muslimatan ibu-ibu pengajian di sini, dari segi budaya kebanyakan masyarakat mengikuti tradisi peringatan khaulnya Habib Sholeh saja.

Kata Kunci: Tradisi Ziarah, Makam Habib Sholeh Tanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ms Lailatul Zahro
Date Deposited: 14 May 2024 03:14
Last Modified: 14 Aug 2024 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32584

Actions (login required)

View Item View Item