Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa

Tarisa, Fitriani (2024) Pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan, financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-003-AKSYA-2024)
TARISA FITRIANI _201105030037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku keuangan merupakan sikap seseorang dalam mengelola,
menggunakan dan menyikapi sumber keuangan serta cenderung efektif bertanggung jawab dalam penggunaan uang yang dimilikinya. Oleh karena itu, seseorang khususnya mahasiswa harus mempunyai kecerdasar financial dalam mengelola asset keuangan pribadi agar perilaku keuangan mereka baik dan terhindar dari permasalahan keuangan.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan dan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Serta penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan dan financial technology terhadap perilaku keuangan mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Pengambilan sempel menggunakan tekhnik purposive sampling dengan menggunakan ukuran sampel dari Roscoe dalam buku Reseach Methods For Business sehingga ditentukan sampel sebanyak 75 responden dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggungakan kuesioner dengan perhitungan data menggunakan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uiji T (Parsial) nilai signifikan pada pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan dan financial technology < 0,05 dan di peroleh nilai thitung > ttabel. Artinya pembelajaran akuntansi keuangan, literasi keuangan dan financial technology memilki pengaruh yang positif dan signifikan secara persial terhadap perilaku keuangan mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Sedangkan uji F (simultan) dapat diketahui nilai signifikan < 0,05 dan Fhitung > Ftabel yang berarti pemebelajaran akuntansi keuangan literasi keuangan dan financial technology memilki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap perilaku keuangan mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Tarisa Fitriani
Date Deposited: 13 May 2024 07:37
Last Modified: 10 Jul 2024 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32585

Actions (login required)

View Item View Item