Sertifikasi halal pada produk usaha mikro kecil menengah guna memberikan kepastian hukum bagi konsumen menurut undang undang nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal

Aisah, Aisah (2024) Sertifikasi halal pada produk usaha mikro kecil menengah guna memberikan kepastian hukum bagi konsumen menurut undang undang nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-HES-2024)
skripsi aisya watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti Proses dan Problematika sertifikasi halal di Kabupaten Bondowoso berfokus pada Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, Proses sertifikasi halal Jalur self declare dan reguler meliputi melengkapi berkas dan persyaratan selanjutnya MUI melanjutkan sidang Fatwa Halal untuk menentukan kehalalan produk. Sidang Fatwa Halal melakukan Sedangkan Problematika yang menjadi sedikit nya yang mendaftar sertifikasi halal adalah Aspek finansial dan aksesibilitas,Fasilitas sarana dan prasarana yang terbatas, Mindset pelaku UMKM yang masih rendah, UMKM merasa malas untuk mengurusi pendaftaran sertifikasi halal dan Minimnya sosialisasi dari Lembaga halal Terkait.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Proses Pengajuan Sertifikasi Halal Melalui Jalur Self Declare Dan Reguler Di UMKM Bondowoso Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tentang Jaminan Produk Halal? 2) Bagaimana Problematika Sistem Pengajuan Sertifikasi Halal Melalui Jalur Self Declare Dan Reguler Di UMKM Bondowoso Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tentang Jaminan Produk Halal?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Proses Pengajuan Sertifikasi Halal Melalui Jalur Self Declare Dan Reguler Di Umkm Bondowoso Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tentang Jaminan Produk Halal? 2) Mendeskripsikan Problematika Sistem Pengajuan Sertifikasi Halal Melalui Jalur Self Declare Dan Reguler Di UMKM BondowosoMenurut Undang-Undang Nomor 33 Tentang Jaminan Produk Halal?
Untuk Mengidentifikasi permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian adalah yuridis sosiologis adalah menekankan penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objek nya, dengan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara mendalam dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini yaitu: 1) Tata cara pengajuan sertifikasi halal UMKM Bondowoso melalui Jalur Self declare dan Reguler Pelaku usaha harus membuat akun nib di portal oss.co.id, mengisi dokumen yang diperlukan, dan mengajukan sertifikasi halal dengan di dampingi pendamping proses produk halal (pph) jika melalui Self declare dan jika Reguler melalui Lembaga Pemeriksa halal (LPH),menunggu sidang final fatwa MUI yang di dalamnya bpjph menerbitkan sertifikat halal. 2) Problematika yang menjadi sedikit nya yang mendaftar sertifikasi halal adalah Aspek finansial dan aksesibilitas, biaya Self declare gratis sedangkan Reguler sesuai skema UMKM, Fasilitas, sarana dan prasarana yang terbatas,Mindset pelaku usaha yang rendah, dan Minimnya sosialisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Aisah Aisah
Date Deposited: 14 May 2024 02:54
Last Modified: 17 Jul 2024 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32588

Actions (login required)

View Item View Item