Peran Home Industry Genteng Dalam Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga Di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi

Irawan, M Aldi Bagas (2024) Peran Home Industry Genteng Dalam Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga Di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
M ALDI BAGAS IRAWAN_20510502008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Home industry merupakan usaha kecil rumahan yang menghasilkan barang atau produk pada perusahaan kecil. Home industry bisa dapat di katakan sebagai industri rumah tangga, karena usaha ini di jalankan oleh keluarga di rumah. Secara umum pelaku dalam kegiatan ekonomi yang bertempat tinggal di rumah adalah keluarga, tetangga atau kerabat, kegiatan ekonomi ini secara tidak langsung telah memberikan kesempatan kerja bagi saudara atau tetangga sekaligus dapat memenuhi kebutuhan, meningkatkan pendapatan dan perekonomian. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran home industry genteng dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi? 2) Apa Saja Hambatan yang dihadapi home industry genteng dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi ? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui Peran Home Industry Genteng Dalam Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi home industry genteng dalam meningkatkan perekonomian rumah tangga di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Penentuan subyek sebagai informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah home industry yang bergerak dibidang kerajinan genteng dengan tujuan untuk mengetahui peran home industry genteng dan hambatan apa saja yang dihadapi home industry di Desa Kedunggebang. Peran home industry genteng mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya ekonomi rumah tangga. Hal ini dapat dibuktikan dengan 1) terbukanya lapangan pekerjaan, 2) pendidikan meningkat 3) meningkatkan pendapatan dan kepemilikan aset dan tempat tinggal. Sedangkan kendala yang sering dihadapi yaitu: 1) permodalan, 2) pemasaran dan bahan baku.

Kata Kunci: Home Industry, Ekonomi Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: M Aldi Bagas Irawan
Date Deposited: 14 May 2024 02:18
Last Modified: 14 May 2024 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32610

Actions (login required)

View Item View Item