PENGARUH ETOS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DI PASAR KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER

Shoadah, Iqrimatus (2024) PENGARUH ETOS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DI PASAR KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-125-ES-2024)
Skripsi_iqrim_B5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Etos kerja berasal dari bahasa yunani, “ethos” yang berarti karakter atau sikap moral, dan “kerja” yang merujuk pada aktivitas atau tindakan produktif. Secara umum, etos kerja merujuk pada sikap mental, nilai-nilai, dan dedikasi seseorang terhadap pekerjaan atau tugas yang mereka lakukan, sedangkan motivasi kerja ialah merujuk pada dorongan atau faktor- faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan pekerjaan atau tugas dengan baik. Kedua istilah tersebut memunculkan istilah kinerja, kinerja adalah mengacu pada efektivitas atau keberhasilan seorang, tim, organisasi, atau sistem dalam mencapai tujuan atau standard tertentu.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Apakah etos kerja berpengaruh terhadap kinerja pedagang etnis tionghoa di pasar kecamatan kalisat kabupaten jember? 2) Apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pedagang etnis tionghoa di pasar kecamatan kalisat kabupaten jember? 3) Apakah etos kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pedagang etnis tionghoa di pasar kecamatan kalisat kabupaten jember?
Tujuan penelitian ini yaitu melakukan analisis pengaruh Etos Kerja dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Pedagang Etnis Tionghoa di pasar Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, baik dampak pengaruh parsial maupun simultan.
Metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dengan jumlah sample yang didapatkan oleh peneliti berjumlah 94 responden. Pengujian pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan data primer dan sekunder sebagai data penelitiannya dan pengolahan data dibantu oleh aplikasi SPSS 17.0.
Kesimpulan pada penelitian ini : 1) Variabel Etos Kerja (X1) dan Motivasi Kerja (X2). Berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Pedagang Etnis Tionghoa di pasar Kecamtan Kalisat Kabupaten Jember. Hal ini dibuktikan dengan analisis uji t (parsial) melalui program Spss 17.0. 2) Variabel Etos Kerja (X1) dan Motivasi Kerja (X2). Berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Pedagang Etnis Tionghoa di pasar Kecamtan Kalisat Kabupaten Jember. Hal ini dibutikan dengan hasil analisi uji f (simultan) melalui program Spss 17.0.
Kata Kunci : Etos Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Pedagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Iqrimatus Shoadah
Date Deposited: 14 May 2024 06:55
Last Modified: 10 Jul 2024 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32615

Actions (login required)

View Item View Item