Strategi Bauran Pemasaran Pada CV Lahan Mas Di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

Merlia Sugianti, Riris (2024) Strategi Bauran Pemasaran Pada CV Lahan Mas Di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-077-ES-2024)
BISMILLAH SKRIPSI (3) riris.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemasaran adalah suatu perencanaan, pelaksanaan strategi dan proses berlangsungnya kegiatan pemasaran mulai dari awal proses produksi sampai dengan kegiatan menjual produk kepada konsumen. Perusahaan yang mampu bertahan merupakan perusahaan yang bisa mengikuti semua permintaan pangsa pasar, terdapat berbagai kendala-kendala yang ditemukan dalam perusahaan selain itu, terdapat tuntutan dari konsumen yang memperketat persaingan. Kendala yang berlangsung pada suatu perusahaan dapat diatasi menggunakan strategi pemasaran yaitu bauran pemasaran (marketing mix), yang merupakan sekelompok alat fundamental pemasaran yang dipergunakan oleh perusahaan terhadap pasar sasarannya agar memperoleh tujuan tertentu. Model bauran pemasaran menitikberatkan pada beberapa faktor yang dikenal dengan sebutan 7P di antarannya: Product, Price, Promotion, Place, People, Process dan Physical Evidence.
Fokus penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam skripsi yaitu : 1) Bagaimana strategi bauran pemasaran beras yang dilakukan oleh CV. Lahan Mas di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana kendala dan solusi strategi bauran pemasaran pada CV. Lahan Mas di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui strategi bauran pemasaran beras yang dilakukan oleh CV. Lahan Mas di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?, 2) Mengetahui kendala dan solusi strategi bauran pemasaran pada CV. Lahan Mas di Desa Balet Baru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember?
Penelitian ini memakai metode penelitian kulitatif yang bersifat deskriptif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskripstif, yakni mendeskripsikan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang didapatkan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh pabrik beras CV. Lahan Mas yaitu menetapkan Bauran Pemasaran 7P yakni Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidence. 2) kendala yang dihadapi CV. Lahan Mas yakni perusahaan tidak memanfaatkan media sosial dalam pemasarannya dan persaingan antar pabrik beras yang semakin ketat dikarenakan semakin banyaknya perusahaan beras selain itu, setiap perusahaan membawai wilayah masing-masing. solusi yang dilakukan oleh perusahaan adalah perekrutan karyawan khusus yang paham teknologi untuk menangani bagian pemasaran dan menurunkan banyak sales perusahaan dibeberapa tempat untuk memperkenalkan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran 7P,Kendala,Pabrik Beras
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Riris Merlia Sugianti
Date Deposited: 14 May 2024 08:29
Last Modified: 10 Jul 2024 04:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32625

Actions (login required)

View Item View Item