Implementasi manajemen konflik dalam penyelesaian masalah kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Revanti Atlantika, Prayugo (2024) Implementasi manajemen konflik dalam penyelesaian masalah kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
REVANTI ATLANTIKA PRAYUGO_201101030014 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen konflik di sebuah sekolah atau madrasah merupakan sesuatu yang sangat penting diterapkan dalam pengelolaan atau penyelesaian suatu konflik terutama dalam masalah kesiswaan.
Pentingnya memahami dan mengatasi konflik dalam dunia pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Konflik antar siswa seringkali merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh sistem pendidikan di seluruh dunia. Pentingnya pengelolaan konflik ini tidak hanya terletak pada peningkatan kualitas pendidikan, tetapi juga dalam membekali siswa, guru, dan pemangku kepentingan dalam masyarakat pendidkan dengan keterampilan penyelesaian konflik yang konstruktif.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Manajemen Konflik dalam Penyelesaian Masalah Kesiswaan di MAN Bondowoso? 2) Bagaimana Cara Mengoptimalkan Manajemen Konflik Dalam Penyelesaian Masalah Kesiswaan di MAN Bondowoso? 3) Bagaimana Upaya dalam Penyelesaian Masalah Kesiswaan di MAN Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Manajemen Konflik dalam Penyelesaian Masalah Kesiswaan di MAN Bondowoso. 2) Untuk Mendeskripsikan Cara Mengoptimalkan Manajemen Konflik dalam Penyelesiaan Masalah Kesiswaan di MAN Bondowoso. 3) Untuk Mendeskrispsikan Upaya dalam Penyelesaian Masalah Kesiswaan di MAN Bondowoso.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Johnny Saldana dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini : 1) Implementasi manajemen konflik dalam penyelesaian masalah kesiswaan dilakukan dengan tahap megidentifikasi masalah yang terjadi, penilaian terhadap konflik dan cara pemecahannya, tindakan yang diambil berupa pembinaan, peringatan, maupun sanksi. 2) Cara mengoptimalkan manajemen konflik dalam penyelesaian masalah kesiswaan dilakukan dengan identifikasi permasalahan, melakukan analisis dan pengelompokan konflik, melakukan pemantauan dan evaluasi setelah pemberian sanksi. 3) Upaya dalam penyelesaian masalah kesiswaan dilakukan dengan cara sosialiasi tata tertib, tausiyah pagi oleh wali kelas, tausiyah setelah sholat dzuhur oleh guru putra, dengan komunikasi berupa pemanggilan orang tua, pembinaan, perhatian, pengertian, nasihat dan diingatkan langsung dengan sikap tegas yang diberikan oleh guru, kemudian pemberian sanksi berupa mengaji, pembelajaran BK setiap 1 jam sekali dalam seminggu.
Kata Kunci: Manajemen Konflik, Penyelesaian Masalah Kesiswaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Revanti Atlantika Prayugo
Date Deposited: 15 May 2024 03:04
Last Modified: 15 May 2024 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32630

Actions (login required)

View Item View Item