Pembelajaran sholat pada anak tunarungu (B) Kelas VII di Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri Jember tahun pelajaran 2023/2024

Fitrianingsih, Ani (2024) Pembelajaran sholat pada anak tunarungu (B) Kelas VII di Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 030 - PAI - 2024)
ANI FITRIANINGSIH_204101010015_SKRIPSI watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang kedua menjadi kewajiban bagi setiap umat Islam untuk ditaati dan dilaksanakan dengan penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah. Dengan ini supaya dapat melaksanakan sholat secara syari’at maka seseorang memerlukan bimbingan seorang guru yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Maka, pembelajaran sholat pada anak tunarungu merupakan proses yang membutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap keterbatasan yang dihadapi anak tunarungu, terutama dalam hal pendengaran, keterbatasan ini memerlukan pendekatan pembelajaran yang kreatif, dan berbasis pengalaman untuk memastikan pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran sholat yang tepat.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sholat pada anak tunarungu (B) kelas VII di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember Tahun Pelajaran 2023?20234 ?. 2) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran sholat pada anak tunarungu (B) kelas VII di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sholat pada anak tunarungu (B) kelas VII di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan pembelajaran sholat pada anak tunarungu (B) kelas VII di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Jember tahun Pelajaran 2023/2024.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data selama di lapangan menggunakan analisis data model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.

Hasil Penelitian yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran sholat pada anak tunarungu, mencakup pembukaan pelajaran, penyampaian materi pelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi, dengan memperhatikan prinsip pembelajaran pada anak tunarungu, untuk penyampaian materi bacaan sholat dengan menggunakan huruf latin yang dituliskan di papan tulis. Kegiatan penutup melakukan refleksi, pemberian tugas, dan pengakhiran dengan doa beserta salam. 2) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran sholat pada anak tunarungu, yaitu menggunakan penilaian formatif, melalui penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pembelajaran; Sholat; Anak Tunarungu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANI FITRIANINGSIH
Date Deposited: 20 May 2024 03:34
Last Modified: 02 Jul 2024 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32635

Actions (login required)

View Item View Item