PENGARUH CYBER CRIME DAN PERLINDUNGAN DATA NASABAH TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK E-BANKING PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG JEMBER

Arief Prasityo, Junaidi and Agung, Parmono (2024) PENGARUH CYBER CRIME DAN PERLINDUNGAN DATA NASABAH TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK E-BANKING PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-004-PS-2024)
ARIEF PRASITYO JUNAIDI watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Arief Prasityo Junaidi, Agung Parmono, 2024: Pengaruh Cyber Crime Dan Perlindungan Data Nasabah Terhadap Kepercayaan Nasabah Menggunakan Produk E-banking Pada Bank Rakyat Indonesia (Bri) Cabang Jember.
Kata Kunci: Cyber crime, Perlindungan data nasabah, E-banking, BRI.
Hampir semua aktivitas yang ada pada perbankan dilakukan melalui bantuan teknologi dengan tujuan memudahkan masyarakat maupun sebuah perusahaan dalam melakukan transaksi. E-banking telah menjadi suatu strategi inovatif dalam sektor perbankan global untuk menarik perhatian nasabah dan meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan keuangan. Pemanfaatan teknologi tidak hanya memberikan keuntungan bagi nasabah akan tetapi juga terdapat hal-hal yang bisa merugikan nasabah seperti terjadinya kejahatan dunia maya atau cyber crime yang ber imbas kepada kebocoran data nasabah sehingga hal tersebut harus di minimalisir agar kejadian tersebut bisa terkendalikan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepercayaan nasabah dalam menggunakan produk yang memanfaatkan teknologi seperti E-banking.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah Cyber crime berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah menggunakan produk E-banking?, (2) Apakah perlindungan data nasabah berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah menggunakan produk E-banking ?,(3)Apakah Cyber crime dan perlindungan data nasabah berperngaruh secara simultan terhadap kepercayaan nasabah menggunakan produk E-banking?.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh Cyber crime terhadap kepercayaan nasabah dalam mennggunakan E-banking, (2) Untuk mengetahui pengaruh perlindungan data nasabah terhadap kepercayaan nasabah dalam mennggunakan E-banking, (3) Untuk mengetahui pengaruh Cyber crime dan perlindungan data nasabah terhadap kepercayaan nasabah dalam mennggunakan E-banking.
Jenis peneitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui penyebaran kuesioner dengan sampel yang diambil sejumlah 100. skala ukur yang digunakan yaitu skala likert. Instrumen pengumpulan data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan ialah (1) Uji asumsi klasik (2) Analisis Regresi linier berganda (3) Uji Hipotesis (4) Koefisien Determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa cyber crime berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah menggunakan produk E-banking Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jember (2) Hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa perlindungan data nasabah berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah menggunakan produk E-banking Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jember (3) Hasil penelitian secara simultan atau Bersama-sama menunjukkan bahwa Cyber crime dan perlindungan data nasabah berpengaruh terhadap kepercayaan nasabah menggunakan produk E-banking Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Arief Prasityo Junaidi
Date Deposited: 15 May 2024 07:13
Last Modified: 11 Jul 2024 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32643

Actions (login required)

View Item View Item