ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 2 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Salsha Qumaida, Safrina (2024) ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 2 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-004-IPS-2024)
Safrina Salsha Q_201101090023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Karakter Siswa, IPS
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk "mengalami pengetahuan" sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa sekolah menengah pertama di daerah Banyuwangi yang sudah menerapkan kurikulum merdeka dan juga melaksanakan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), namun dalam pelaksanaan kegiatan beberapa sekolah masih belum maksimal dikarenakan adanya beberapa alasan. Berdasarkan hasil observasi, salah satu penyebab kurang maksimalnya dalam pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) adalah kurangnya kesiapan guru dalam proses pelaksanaannya.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran IPS melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di MTs Negeri 2 Banyuwangi. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru mata pelajaran IPS, tim fasilitator dan siswa kelas VIII G. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024 menggunakan sintaks. 2) Upaya guru dalam membangun karakter siswa melalui pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024 mencakup pendidikan karakter siswa di sekolah yang diterapkan dalam pemahaman dengan memperkenalkan sejarah batik dan motifnya, mengintegrasikan nilai-nilai pancasila, penerapan sikap nasionalisme dan mengaitkan pada pembelajaran projek yang menjadi target utama. 3) Evaluasi pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila di MTs Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu menggunakan evaluasi proses melalui observasi selama kegiatan pembelajaran projek berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Safrina Salsha Qumaida
Date Deposited: 15 May 2024 06:27
Last Modified: 03 Jul 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32646

Actions (login required)

View Item View Item