Pengaruh Program Sehati Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pelaku Usaha Pada UMK Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Jember

Nur Salsabila, Raudhia (2024) Pengaruh Program Sehati Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pelaku Usaha Pada UMK Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-091-ES-2024)
Raudhia Nur Salsabila_201105020010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Raudhia Nur Salsabila, Nurul Setianingrum, 2024 : Pengaruh Program Sehati Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pelaku Usaha Pada UMK Binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Sehati (sertifikasi halal gratis), Kesadaran Halal dan Minat

Permintaan akan produk halal semakin meningkat secara signifikan di seluruh dunia, khususnya di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Produsen sebagai penyedia produk memiliki peranan penting dalam menyediakan produk halal. maka dari itu perlu dilakukan penelitian terhadap produsen tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan produsen untuk mengajukan sertifikasi halal pada produk usahanya. Dalam penelitian ini fokus pada produsen UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah sehati berpengaruh positif signifikan terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember?., 2) Apakah kesadaran halal berpengaruh positif signifikan terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember?., 3) Apakah sehati dan kesadaran halal secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1)Untuk mengetahui pengaruh program sehati terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh program sehati dan kesadaran halal terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, serta pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis serta koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) sehati berpengaruh terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember. 2) Kesadaran halal berpengaruh terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember. 3) Sehati dan kesadaran halal berpengaruh terhadap minat pelaku usaha pada UMK binaan PLUT KUMKM Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Raudhia Nur Salsabila
Date Deposited: 16 May 2024 02:51
Last Modified: 10 Jul 2024 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

View Item View Item