IMPLEMENTASI METODE TAHSIN AL-QUR'AN DALAM MENGEMBANGKAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANYUWANGI

Ayu Maulidiana, Nanda (2024) IMPLEMENTASI METODE TAHSIN AL-QUR'AN DALAM MENGEMBANGKAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NANDA AYU MAULIDIANA T20191156.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai mukjizat untuk pedoman bagi manusia. Masih banyak yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid dan makhrojul huruf yang benar. Oleh karena itu diperlukan metode yang dapat mengembangkan bacaan Al-Qur’an siswa. Salah satunya adalah metode Tahsin Al-Qur’an
Adapun fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi? 3) Bagaimana Evaluasi metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini yakni: 1) Menganalisis perencanaan metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di MAN 3 Banyuwangi. 2) Menganalisis pelaksanaan metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di MAN 3 Banyuwangi. 3) Menganalisis evaluasi metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di MAN 3 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana.
Hasil dari penelitian ini adalah Perencanaan metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi, dalam perencanaan ini ustadzah menggunakan media Al-Qur’an terjemah per-kata yang bertujuan agar memudahkan siswa membaca Al-Qur’an sekaligus untuk mengetahui artinya. Pelaksanaan metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi, terdapat tiga tahapan yakni: tahap pertama ustadz/ustadzah mencontohkan bacaan surah atau ayat lalu diikuti siswa satu persatu, tahap kedua siswa diberikan reward agar berani membaca ke depan, tahap terakhir mengulang bacaan yang telah dibaca untuk bahan belajar dirumah. Evaluasi metode Tahsin Al-Qur’an dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi, pada tahap evaluasi ini ustadz/ustadzah mengadakan ujian tes untuk siswa dan memberikan buku kontrol yang berisi laporan lancar atau tidaknya siswa dalam mengikuti kelas Tahsin Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi ini.
Nanda Ayu Maulidiana, 2023: "Implementasi Metode Tahsin Al-Qur'an Dalam Mengembangkan Spiritual Quotient (SQ) Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi"
Kata Kunci: Spiritual Quotient (SQ), Metode Tahsin Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nanda Nanda Ayu Maulidiana
Date Deposited: 16 May 2024 02:58
Last Modified: 16 May 2024 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32651

Actions (login required)

View Item View Item