Strategi Pengelolaan ALokasi Dana Desa (ADD) dalam Mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang

khusnaini, Riyan (2024) Strategi Pengelolaan ALokasi Dana Desa (ADD) dalam Mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-069-AKSYA-2024)
Riyan Khusnaini_ 205105030023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Riyan Khusnaini, Roni Subhan (2024) “Strategi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang”
Kata kunci : Pengelolaan, Alokasi Dana Desa (ADD), Good Governanace.
Alokasi Dana Desa merupakan dana merupakan alokasi dana yang diperuntukkan untuk desa paling sedikit 10% dari dana perimbangan yang diterima kabupaten/kota dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setelah dikurangi dana alokasi khusus (DAK). Pemerintahan yang baik (good governance) merupakan proses penyelenggaraan kekuasaan dalam menyediakan barang dan jasa publik. Good Governance adalah tata kelola pemerintahan yang baik yang telah didefiniskan oleh berbagai lembaga yang diakui oleh dunia. Prinsip Good Governance yaitu akuntabilitas, transparansi, keterbukaan, aturan hukum.
Penelitian ini terdapat dua fokus penelitian yaitu bagaimana strategi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang . Bagaimana kendala pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang .
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Untuk mengetahui kendala pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam mewujudkan Good Governance di Desa Sukorejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah field research yaitu penelitian lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeilihan subyek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive, keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan Desa Sukorejo telah mengimplementasikan serangkaian tahapan pengelolaan alokasi dana desa, yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban, dengan berpegang pada prinsip-prinsip Good Governance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Riyan khusnaini khusnaini
Date Deposited: 15 May 2024 06:38
Last Modified: 10 Jul 2024 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32661

Actions (login required)

View Item View Item