Analisis Penghimpunan Zakat Profesi Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso

Fera, Astafiani (2024) Analisis Penghimpunan Zakat Profesi Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text (SK-011-MZAWA-2024)
SKRIPSI FERA 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Fera Diana Astafiani, Dr. Nur Ika Mauliyah, S.E, M.Ak, 2023: Analisis Penghimpunan Zakat Profesi Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso.
Penghimpunan dana merupakan aktivitas mengumpulkan anggaran dan sumber daya lainnya yang diperoleh dari masyarakat seperti individu, kelompok, organisasi, pemerintahan dan badan usaha. Untuk membiayai program kegiatan operasional lembaga yang sedang berjalan dan, pada akhirnya, untuk memenuhi misi dan tujuan lembaga tersebut.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana Penghimpunan Zakat Profesi Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso?. 2). Bagaimana Dampak Penghimpunan Zakat Profesi Bagi Mustahik di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui bagaimana penghimpunan zakat profesi bagi Guru Pegawai Negeri Sipil di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso. 2). Untuk mengetahui bagaimana dampak penghimpunan zakat profesi bagi Mustahik di Desa Sukosari Kidul Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian mengguakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan Snowball. Untuk pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data ada tiga alur yaitu Reduksi data,penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data yang diperoleh dengan triangulasi sumber, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi merupakan langkah terakhir.
Hasil dari penelitian ini, peneliti memperoleh kesimpulan: Penghimpunan Zakat Profesi bagi Guru Pegawai Negeri Sipil di Desa Sukosari Kidul Kab. Bondowoso menggunakan langkah: 1). Pertama, Metode langsung (Direct Fundraising)yang dilakukan langsung oleh masyarakat setempat. Kedua, Metode tidak langsung (Inderect Fundraising). 2).Dampak penghimpunan zakat profesi bagi Mustahik di Desa Sukosari Kidul yaitu: a). memiliki dampak positif pada peningkatan kesejahteraan. b). Mengurangi tingkat kemiskinan. c). peningkatan pendapatan mustahik. d). Memiliki dampak positif pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.
Kata kunci: Penghimpunan, Zakat Profesi, Guru Pegawai Negeri Sipil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Fera Astafiani
Date Deposited: 15 May 2024 04:11
Last Modified: 10 Jul 2024 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32663

Actions (login required)

View Item View Item