Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Sumberejo Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2022

Aliffia, Elok Riski (2024) Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Sumberejo Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Rizki Aliffia_205105030025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Elok Rizki Aliffia, Retna Anggitaningsih, 2024: Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Desa Sumberejo Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Tahun 2022.
Kata Kunci: Akuntabilitas, Transparansi, Alokasi Dana Desa.
Akuntabilitas dalam pengelolaan ADD dimaksudkan sebagai bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (good governance), sedangkan transparansi merupakan langkah untuk mempermudah akses masyarakat terhadap informasi yang akurat guna membangun kepercayaan. ADD sendiri merupakan dana bantuan untuk mendukung program pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Sistem pengelolaan Alokasi Dana Desa? 2) Bentuk Akuntabilitas dan Transparansi dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui Sistem pengelolaan Alokasi Dana Desa. 2) untuk mengetahui Bentuk Akuntabilitas dan Transparansi dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan keabsahan data yang diperoleh melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan ADD di Desa Sumberejo telah berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku, seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018 dan Peraturan Bupati Pasuruan No. 31 Tahun 2018. Akuntabilitas pengelolaan ADD telah dilakukan dengan baik, namun tingkat transparansi hanya publikasi banner dengan kata lain masih belum optimal karena keterbatasan informasi melalui website yang belum dimiliki oleh Pemerintah Desa Sumberejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Elok Rizki Aliffia
Date Deposited: 15 May 2024 06:33
Last Modified: 15 May 2024 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32667

Actions (login required)

View Item View Item