ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UD. ELZA PUTRA FOOD JEMBER

Nasikh, Ulwan (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UD. ELZA PUTRA FOOD JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD NASIKH ULWAN _E20192194.pdf

Download (4MB)

Abstract

MUHAMMAD NASIKH ULWAN, M.F. Hidayatullah, 2023: “Analisis Strategi
Pemasaran UD. ELZA PUTRA FOOD JEMBER.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Oleh-Oleh.
Strategi pemasaran merupakan upaya memasarkan suatu produk, baik itu
barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga
jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Mengenalkan produk kepada konsumen
juga merupakan salah satu strategi memasarkan produk agar dikenal konsumen.
Strategi pemasaran akan dinilai optimal jika didukung oleh perencanaan yang
terstruktur baik dalam segi internal maupun eksternal perusahaan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran UD. Elza
Putra Food ? 2) Apa saja kendala strategi pemasaran yang dialami UD. Elza Putra
Food? 3) Bagaimana solusi strategi pemasaran UD. Elza Putra Food?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran UD.
Elza Putra Food memasarkan produknya selama ini. 2) Untuk mengetahui kendala
pemasaran yang dialami UD. Elza Putra. 3) Untuk mengetahui solusi dalam
strategi pemasaran UD. Elza Putra Food.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara,
3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model
Milles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Dalam strategi segmentation,
strategi targeting, dan strategi positioning, selain menerapkan startegi STP, UD.
Elza Putra Food menerapkan komponen strategi bauran pemasaran yang terdiri
dari Product, Price, Price, dan Promotion (4P) yang menjadi penerapan strategi
pemasaran UD. Elza Putra Food. Namun, ada komponen yang dalam
penerapannya belum optimal dan itu menjadi kekurangan. Sehingga nanti semoga
bisa diharapkan dari kesimpulan temuan di dalam skripsi ini, perusahaan bisa
terus mengatasi kekuragan tersebut. 2) Hambatan yang ditemui dalam menerapkan
strategi pemasaran dapat berasal dari dua faktor, yaitu faktor internal perusahaan
juga faktor lingkungan/eksternal. Faktor internal mencakup elemen produk, harga,
dan modal, sementara faktor lingkungan/eksternal melibatkan aspek seperti lokasi,
konsumen, dan persaingan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua faktor
tersebut dapat menjadi penghambat atau pendorong dalam upaya pemasaran atau
penjualan produk. Ada tiga yang menjadi hambatan tersebut adalah, persaingan
bisnis, tempat yang kurang strategis dan kurangnya promosi ke media. 3) UD.
Elza Putra Food memiliki cara tersendiri sehingga semua hambatan bisa di atasi
dan bisa meminimalisir sehingga perusahaan masih bisa bertahan hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Men Muhammad Nasikh Ulwan Rasikh
Date Deposited: 16 May 2024 07:31
Last Modified: 16 May 2024 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32669

Actions (login required)

View Item View Item