ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) MENGGUNAKAN E-RKAS PADA SMP ISLAM DARUL HIDAYAH GAMBIRONO

Aini, Qurrotu (2024) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) MENGGUNAKAN E-RKAS PADA SMP ISLAM DARUL HIDAYAH GAMBIRONO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-041-AKSYA-2024)
Qurrotu Aini_E20193124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Qurrotu Aini, 2024: Analisis Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Menggunakan E-RKAS Pada SMP Islam Darul Hidayah Gambirono.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pengelolaan Dana BOS, E-RKAS.
Sekolah dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) wajib berpedoman pada Buku Petunjuk Teknis Penggunaan dana BOS yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan sebagai kementerian teknis yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan dan pengelolaan program BOS. Dalam pengelolaan dana BOS sekolah melalui e-RKAS, sistem informasi akuntansi diperlukan sebagai metode pengelolaan keuangan. Sistem informasi akuntansi yang mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data sebelum melaporkannya kepada publik sebagai alat untuk menentukan keputusan. SIA memungkinkan manajemen untuk mengefisienkan sumber daya sehingga operasional operasional sekolah dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.
Fokus penelitian ini adalah 1.) Bagaimana perencanaan sistem informasi akuntansi digunakan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan menggunakan e-RKAS di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono? 2.) Bagaimana pelaksanaan sistem informasi akuntansi digunakan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan menggunakan e-RKAS di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono? 3.) Bagaimana evaluasi sistem informasi akuntansi digunakan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan menggunakan e-RKAS di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem informasi akuntansi digunakan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan menggunakan e-RKAS di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan mendeskripsikan dan menyimpulkan data-data yang diperoleh di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono.
Kesimpulan penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sistem informasi akuntansi dalam pengelolaan dana BOS di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono disusun oleh tim manajemen BOS dalam operasional anggaran kerja sekolah selama satu tahun. Perencanaan dilakukan untuk menyusun anggaran engan mengacu dari EDS, dan kumpulan kegiatan/kebutuhan dari guru masing-masing bidang. Pelaksanaan keterlibatan dewan guru dan perwakilan siswa dalam penyusunan e-RKAS sangatlah aktif, untuk peran komite sekolah sendiri sudah baik. Program-program yang disusun sesuai dengan buku petunjuk pelaksanaan BOS yang dikeluarkan pemerintah. Sistem pengelolaan dana atau pembelanjaan yang dilakukan mengikuti e-RKAS yang ada yaitu dengan pembelanjaan tetap dan pembelanjaan berkala tentunya dengan melihat kebutuhan sekolah pada tiap bulannya. Evaluasi sistem informasi akuntansi dalam pengelolaan dana BOS menggunakan e-RKAS di SMP Islam Darul Hidayah Gambirono dilakukan oleh seluruh komponen sekolah. Adanya peran komite sekolah juga melakukan pengawasan terhadap kinerja pengelolaan dana BOS di sekolah, baik dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan dan audit laporan pertanggungjawaban oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Qurrotu Aini
Date Deposited: 20 May 2024 01:34
Last Modified: 10 Jul 2024 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32671

Actions (login required)

View Item View Item