PENERAPAN GREEN ACCOUNTING DALAM ALOKASI BIAYA LINGKUNGAN SEBAGAI MANIFESTASI AJARAN ISLAM PADA PT. MITRATANI DUA TUJUH JEMBER

PUTRI, SOVIA (2024) PENERAPAN GREEN ACCOUNTING DALAM ALOKASI BIAYA LINGKUNGAN SEBAGAI MANIFESTASI AJARAN ISLAM PADA PT. MITRATANI DUA TUJUH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Sovia Putri Aisyah_204105030061...pdf

Download (4MB)

Abstract

Sovia Putri Aisyah, Hikmatul Hasanah, 2024: Penerapan Green Accounting Dalam Alokasi Biaya Lingkungan Sebagai Manifestasi Ajaran Islam Pada PT. Mitratani Dua Tujuh Jember

Kata kunci: green accounting, biaya lingkungan

Persaingan bisnis yang ketat membuat sebagian perusahaan lalai akan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Tanggung jawab sosial dan lingkungan merupakan sebuah manifestasi dari ajaran Islam yang harus direalisasikan. Hal ini dapat diwujudkan melalui penerapan green accounting. Green accounting mempunyai peran penting dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Peran ini diwujudkan melalui pengungkapan biaya lingkungan yang bertujuan untuk mengatur biaya lingkungan yang dikeluarkan untuk pengelolaan dan penanganan kondisi lingkungan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan green accounting dalam alokasi biaya lingkungan yang diterapkan oleh PT. Mitratani Dua Tujuh Jember?. 2) Bagaimana konsep green accounting dalam perspektif Islam yang diterapkan PT. Mitratani Dua Tujuh Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dari alokasi biaya lingkungan yang diterapkan PT. Mitratani Dua Tujuh Jember dan mengaktualisasikan nilai Islam dalam penerapan green accounting untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan
Penelitian dilaksanakan di PT. Mitratani Dua Tujuh Jember. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menganalisis tentang identifikasi, pengakuan, pengukuran penyajian, dan pengungkapan biaya lingkungan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan, 1) PT. Mitratani Dua Tujuh Jember telah mengalokasikan biaya lingkungan, tetapi belum mengelompokkan secara khusus, identifikasi biaya lingkungan sudah sesuai dengan teori Andreas Lako. Pengakuan biaya lingkungan PT. Mitratani Dua Tujuh Jember sesuai dengan PSAK tahun 2015 paragraf 82 dan 94 dan sudah menggunakan metode accrual basis sesuai dengan standar SAK. Pengukuran atas biaya lingkungan sesuai dengan PSAK tahun 2015 pararaf 99 dan 101. PT. Mitratani Dua Tujuh Jember menyajikan biaya lingkungan belum menerapkan green accounting dibuktikan dengan tidak ada laporan secara khusus terkait biaya lingkungan dan pengungkapan biaya lingkungan pada PT. Mitratani Dua Tujuh Jember sudah sesuai dengan teori Arfan Ikhsan yaitu diungkapkan kepada pihak yang berkepentingan dan pihak internal perusahaan. 2) konsep green accounting dalam perspektif Islam merupakan suatu bentuk tanggung jawab terhadap pengelolaan dan pelestarian lingkungan yang didalamnya terdapat nilai tauhid dan takwaPT. Mitratani Dua Tujuh Jember telah mengimplementasikan green accounting sesuai dengan perspektif islam dengan mengalokasikan biaya lingkungan dalam rangka menciptakan kegiatan operasional perusahaan yang ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050206 Environmental Monitoring
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050207 Environmental Rehabilitation (excl. Bioremediation)
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Sovia Putri Aisyah
Date Deposited: 16 May 2024 03:27
Last Modified: 16 May 2024 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32674

Actions (login required)

View Item View Item