MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER

Mubarok, Wildan (2024) MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WILDAN MUBAROK_202101030021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wildan Mubarok,2024, “Manajemen Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember”
Kata Kunci: Manajemen, Program Tahfidzul Qur’an.
Madrasah Tsanawiyah Al-Falah menjadi salah satu Madrasah di Kecamatan Ajung yang memiliki Program Unggulan Tahfidzul Qur’an. Dengan ditetapkannya Program Tahfidzul Qur’an sebagai Program unggulan, maka seluruh peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan Program Tahfidzul Qur’an tanpa terkecuali. Dalam pelaksanaanya tidak terlepas dari aktivitas Manajemen, karena membutuhkan sebuah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember ? 2) Bagaimana pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember ? 3) Bagaimana evaluasi Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanwiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perencanaan Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. 3) untuk mengetahui Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu peristiwa, kejadian yang terjadi sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian secara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen Program Tahfidzul Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah meliputi : 1. Perencanaan Program Tahfidzul Qur’an terdiri dari tahap perencanaan, yang meliputi : mengadakan rapat, melaksanakan tes kemampuan dan perkembangan peserta didik, pembagian kelompok tahfidz, pembagian guru pendamping Tahfidz, pembagian waktu pelaksanaan oleh pihak TU. jenis perencanaan program Tahfidzul Qur’an terbagai menjadi 4 yaitu perencanaan harian, bulanan, tahunan dan situasional. 2. Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an terdiri dari Pengelompokan peserta didik, Pelaksanaan setoran hafalan, Ujian Program Tahfidzul Qur’an, Pemberian motivasi. 3. Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an melalui beberapa proses penilaian yaitu, penilaian harian, penilaian bulanan setiap ujian semester, penilaian tahunan untuk kenaikan kelas dan syarat kelulusan sesuai target hafalan bagi yang menduduki kelas 9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wildan Mubarok
Date Deposited: 16 May 2024 07:17
Last Modified: 16 May 2024 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32677

Actions (login required)

View Item View Item