Implementasi Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Kinerja Pengelolaan Keuangan Pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember.

Masruroh, Laelatul Dwi (2024) Implementasi Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Kinerja Pengelolaan Keuangan Pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-AKSYA-2024)
Skripsi Laelatul Dwi Masruroh Watermark-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan keuangan sangatlah penting bagi setiap instansi yang berperan membantu perencanaan dan alokasi sumber daya. Maka dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi sangat membantu dalam mengelola keuangan. Dan menjadi salah satu peneliti untuk mengangkat UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Jember sebagai objek dalam penelitian ini. Kemudian untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi dapat mempercepat kinerja sehingga perencanaan keuangan serta penyerapan bisa dilaporkan secara cepat dan akurat.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi sistem informasi akuntansi pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peranan sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kebupaten Jember? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis implementasi sistem informasi akuntansi pada Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember. 2) Untuk menganalisis peranan sistem informasi akuntansi dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan pada Unit Pelaksanaan Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Peneliti ini memperoleh kesimpulan: 1) Sistem Informasi Akuntansi pada UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Jember sudah menerapkannya. Namun masih sedikit terjadi kendala, seperti keterbatasan sumber daya manusia yang terampil dalam teknologi informasi, kurangnya pengadaan rekonsiliasi dan BIMTEK bagi setiap karyawannya dan sering terjadi gangguan jaringan internet, dan terdapat juga unsur-unsur sistem informasi akuntansi. 2) Dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi proses pelaporan keuangan dapat menjadi lebih cepat dan transparan, memudahkan pemantauan real-time terhadap anggaran serta efisiensi penggunaan dana dan dapat mengukur peningkatan kinerja pengelolaan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Laelatul Dwi Masruroh
Date Deposited: 20 May 2024 03:26
Last Modified: 10 Jul 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32692

Actions (login required)

View Item View Item