PERAN PABRIK UDANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KARYAWAN IBU RUMAH TANGGA DI PT TRI MITRA MAKMUR

Wardani, Fitriana Kusuma (2024) PERAN PABRIK UDANG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KARYAWAN IBU RUMAH TANGGA DI PT TRI MITRA MAKMUR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitriana Kusuma Wardani_204105020077_ES.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fitriana Kusuma Wardani, 2024: Peran Pabrik Udang Dalam Meningkatkan Pendapatan Karyawan Ibu Rumah Tangga di PT Tri Mitra Makmur
Kata Kunci: Pabrik Udang, Pendapatan, Karyawan Ibu Rumah Tangga
Perubahan aktivitas ibu rumah tangga yang biasanya hanya mengurus pekerjaan rumah namun harus bekerja untuk menambah pendapatannya agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi. Dalam hal ini pabrik udang PT Tri Mitra Makmur menjadi pilihan karyawannya yang berstatus sebagai ibu rumah tangga untuk menambah pendapatannya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran pabrik udang dalam meningkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pabrik udang dalam meningkatkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran pabrik udang dalam meningkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pabrik udang dalam meningkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran pabrik udang dalam meningkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur adalah memperluas kesempatan kerja dengan membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja. Tenaga kerja yang diserap bukan hanya masyarakat sekitar, namun ada juga karyawan yang berasal dari luar daerah seperti Bondowoso, Situbondo, Jember dan lain sebagainya. Adapun jumlah karyawan ibu rumah tangga di pabrik udang PT Tri Mitra Makmur adalah 2.280 orang. Selain itu, pabrik udang PT Tri Mitra Makmur juga berperan dalam menambah pendapatan karyawan ibu rumah tangga, dimana sebelum bekerja di PT Tri Mitra Makmur pendapatan yang diperoleh hanya sedikit atau tidak sama sekali (tidak bekerja) namun semenjak mereka bekerja di PT Tri Mitra Makmur pendapatannya mengalami perubahan (naik). 2). Faktor pendukung pabrik udang dalam meningkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur adalah sumber daya manusia, keuangan, struktur organisasi, pemasaran, dan administrasi. Adapun faktor penghambat pabrik udang dalam meningkatkan pendapatan karyawan ibu rumah tangga di PT Tri Mitra Makmur adalah bahan baku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pabrik Udang, Pendapatan, Karyawan Ibu Rumah Tangga
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140212 Macroeconomics (incl. Monetary and Fiscal Theory)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriana Kusuma Wardani
Date Deposited: 20 May 2024 08:24
Last Modified: 20 May 2024 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32715

Actions (login required)

View Item View Item