Safitri, Risa Ayu (2024) Hubungan antara minat baca dan kemampuan Literasi Digital dengan hasil belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK - 004 - TADRIS-BIO - 2024)
Risa Ayu Safitri_202101080005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
Risa Ayu Safitri, 2024: Hubungan Antara Minat Baca dan Kemampuan Literasi
Digital dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri Ambulu
Jember Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Hubungan, Minat Baca, Kemampuan Literasi Digital, Hasil Belajar
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi kehidupan manusia
karena dapat membentuk sumber daya manusia yang bermutu dan berdaya saing
secara universal. Berhasil atau tidaknya seorang anak dalam pendidikan tergantung
pada proses belajar yang dialami oleh anak tersebut. Setiap kegiatan belajar
menghasilkan suatu hasil belajar yang dapat diukur melalui aspek kognitif, afektif
dan psikomotorik. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu
faktor internal meliputi faktor jasmani, faktor psikologis yakni minat baca dan bakat
atau kemampuan literasi digital dan faktor kelelahan, serta faktor eskternal meliputi
faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) medeskripsikan minat baca siswa kelas
XII MIPA. 2) mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa kelas XII MIPA.
3) mendeskripsikan hasil belajar boilogi siswa kelas XII MIPA. 4) mengetahui
hubungan antara minat baca dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA. 5)
mengetahui hubungan antara kemampuan literasi digital dengan hasil belajar
biologi siswa kelas XII MIPA. 6) mengetahui hubungan antara minat baca dan
kemampuan literasi digital dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA.
Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XII MIPA yang
berjumlah 250 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random
sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diambil sampel sebanyak 5
kelas yang berjumlah 178 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
serta analisis data menggunakan uji korelasi sederhana dan uji korelasi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) minat baca siswa kelas XII MIPA
kategori sangat tinggi sebesar 2%, kategori tinggi sebesar 32%, kategori sedang
sebesar 60%, dan kategori rendah sebesar 11%. 2) kemampuan literasi digital siswa
kelas XII MIPA kategori sangat tinggi sebesar 7%, kategori tinggi sebesar 70%, dan
kategori sedang sebesar 41%. 3) hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA kategori
sangat tinggi sebesar 39%, kategori tinggi sebesar 32%, kategori sedang sebesar
18%, kategori rendah sebesar 8%, dan kategori sangat rendah sebesar 3%. 4)
terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan hasil belajar biologi
siswa kelas XII MIPA di SMAN Ambulu Jember tahun ajaran 2023/2024. 5)
terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi digital dengan hasil
belajar biologi siswa kelas XII MIPA di SMAN Ambulu Jember tahun ajaran
2023/2024. 6) terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan
kemampuan literasi digital dengan hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA di
SMAN Ambulu Jember tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Risa Ayu Safitri |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:07 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 02:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32736 |
Actions (login required)
View Item |