PRAKTEK AKAD QARDH PADA BANK WAKAF MIKRO PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH ( Studi di BWM PP Al – Azhar Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember )

Maulidi, Moch Syukron (2024) PRAKTEK AKAD QARDH PADA BANK WAKAF MIKRO PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH ( Studi di BWM PP Al – Azhar Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember ). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-036-HES-2024)
MOCH. SYUKRON MAULIDI_NIM. S20192015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Moch Syukron Maulidi, 2023 : Praktek Akad Qardh pada Bank Wakaf Mikro Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi di BWM PP Al – Azhar Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember).
Kata Kunci : Akad Qardh, Bank Waqaf Mikro, Hukum Ekonomi Syariah
Para pelaku usaha mikro kerap kali tidak bisa mengakses pembiayaan modal dari lembaga keuangan formal karena tidak memiliki sesuatu yang dapat dijadikan jaminan. LKMS BWM Al Azhar hadir sebagai wadah bagi masyarakat. Akad yang digunakan di dalamnya ialah Akad qardh yang kita ketahui bahwa akad qardh adalah akad pinjam meminjam tanpa adanya imbalan. LKMS BWM AL Azhar menyediakan pembiayaan akad qardh dengan adanya tambahan biaya administrasi tanpa menggunakan jaminan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik akad qardh di Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Al Azhar Jember ? 2) Bagaimana praktek akad qardh pada bank wakaf mikro perspektif hukum ekonomi syariah di Pondok Pesantren Al Azhar Jember? Dengan tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan praktik akad qardh di Bank Wakaf Mikro Pondok Pesantren Al-Azhar Jember 2) Mendeskripsikan praktik akad qardh pada Bank Wakaf Mikro perspektif hukum ekonomi syariah di Pondok Pesantren Al-Azhar Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Hukum empiris yaitu yaitu dengan menggunakan Pendekatan Kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder.
Penelitian ini memperoleh hasil yaitu : 1. Bahwa pada pelaksanaan Praktik akad qardh di LKMS BWM Al Azhar Jember dalam pembiayaannya menggunakan sistem gandeng renteng. Kemudian proses pelaksanaan pembiayaannya dengan menggunakan metode KUMPI sebagai pencairan pembiayaan dan sistem gandeng renteng dalam media pertemuan HALMI yang di dalam kegiatannya untuk pengembalian pembiayaan. LKMS BWM AL Azhar Jember menyediakan pembiayaan akad qardh dengan adanya tambahan biaya administrasi tanpa menggunakan jaminan. 2. Dalam Praktik akad qardh di LKMS BWM Al Azhar Jember itu sudah sesuai dengan Hukum ekonomi syariah, karena dalam segala praktiknya terutama dalam proses mengembalikan dananya itu sudah sesuai dengan Fatwa DSN MUI No.19/DSN-MUI/IV/2001 maupun Hukum Ekonomi Syariah. Di LKMS BWM Al Azhar sendiri sudah melakukan perjanjian tambahan biaya administrasi sebagai infaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149903 Heterodox Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180109 Corporations and Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Moch Syukron Maulidi
Date Deposited: 21 May 2024 06:39
Last Modified: 17 Jul 2024 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item