PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Najib, Ikhwanun (2024) PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Iwan lvl 12.docx.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Ikhwanun Najib & Suprianik, 2024: Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Promosi dan Keputusan Penggunaan

Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak kepada seluruh aktivitas masyarakat. Seluruh aktivitas masyarakat yang awalnya dilakukan secara langsung, kini bisa dilakukan secara tidak langsung dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi baik aktivitas mencari informasi, hiburan, belajar dan belanja. Kemudahan-kemudahan yang diberikan khusunya saat belanja membuat proses belanja menjadi semakin mudah, cepat dan lengkap dengan variasi harga serta produk yang beragam. Kebiasan belanja untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mulai bergeser dari yang awalnya secara langsung ke secara tidak langsung dengan belanja di toko online atau e-commerce seperti halnya Shopee.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Apakah 1) brand ambassador 2) brand image 3) promosi berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan penggunaan aplikasi Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui 1) brand ambassador 2) brand image 3) promosi berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan penggunaan aplikasi Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Populasi pada penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember angkatan 2021-2022 dengan jumlah 1.318. dan pengambilan sampel dengan metode Slovin sebanyak 92 responden.
Kesimpulan dari penelitian adalah berdasarkan hasil uji t dan uji f dapat disimpulkan bahwa (1) Secara parsial brand ambassador tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee. (2) Secara parsial brand image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee. (3) Secara parsial promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan Shopee. (4) Variabel brand ambassador, brand image dan promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan penggunaan Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ikhwanun Najib
Date Deposited: 22 May 2024 02:07
Last Modified: 22 May 2024 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32743

Actions (login required)

View Item View Item