Pembelajaran PAI berbasis edutainment dalam pengembangan minat belajar siswa di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang

Munawaroh, Aisyatul (2024) Pembelajaran PAI berbasis edutainment dalam pengembangan minat belajar siswa di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 023 - PAI - 2024)
SKRIPSI AISYATUL MUNAWAROH 2024 new.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh, Aisyatul. 2023, Pembelajaran PAI Berbasis Edutainment dalam Pengembangan Minat Belajar Siswa di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang.
Kata Kunci: Pembelajaran PAI Berbasis Edutainment, Pengembangan Minat Belajar.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana isi atau materi pembelajaran PAI berbasis edutainment di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana metode pembelajaran PAI berbasis edutainment di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang? 3) Bagaimana media pembelajaran PAI berbasis edutainment di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI berbasis edutainment di SMPN 2 Randuagung Kabupaten Lumajang?
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study). Yaitu merupakan jenis penelitian untuk mengumpulkan data kualitatif. Jenis penelitian studi kasus adalah penelitian dimana data diperoleh dari lapangan secara langsung dari sumbernya. Penelitian lapangan ini terkait erat dengan pengamatan berperan-serta.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Isi materi dan pembelajaran yakni pada pembelajaran PAI terdapat pembelajaran fikih yangmana dalam pembelajaran fikih terdapat materi sholat. Guru mengajar dengan berbasis edutainment yang mana pembelajaran tersebut menggunakan media ppt yang unik dan menarik, dan vidio. 2) Metode pembelajaran edutainment yakni guru PAI di SMPN 2 Randuagung sangat asyik dalam mengajar dan mereka selalu memiliki banyak cara untuk membuat suasana gembira pada siswa maka dari itu peneliti bisa menyimpulkan bahwa guru PAI di SMPN 2 Randuagung mengajar dengan berbasis edutainment. Selain itu guru bisa membuat ruang kelas yang kondusif. Guru menyetelkan film pendek sesuai dengan pembelajaran yang akan dibahas dan memberikan kuis setelah menonton film pendek tersebut, siswa nampak bersemangat dalam proses pembelajaran dan sangat antusias sehingga dapat meningkatkan minat belajarnya. 3) Media pembelajaran yang digunakan dalam KBM PAI diantaranya penggunaan kata kata, bunyi, gambar, alat peraga seperti film yang disajikan dalam tayangan di proyektor. 4) Evaluasi pembelajaran PAI berbasis edutainment di SMPN 2 Randuagung memiliki instrument yakni evaluasi yang dilakukan guru biasanya berbentuk pilihan ganda, menjodohkan, isian singkat dan essay. Kemudian untuk aspek evaluasi ada tiga yakni pengetahuan, sikap dan psikomotorik. Dampak edutainment terhadap pengembangan minat belajar siswa. Dampak dari adanya metode Edutainment yakni siswa menjadi lebih tertarik terhadap pelajaran PAI, siswa menjadi senang dan gembira pada saat KBM, siswa mudah untuk dikondisikan, siswa juga mengerjakan tugas sesuai minat yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Aisyatul Munawaroh
Date Deposited: 22 May 2024 03:33
Last Modified: 02 Jul 2024 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32746

Actions (login required)

View Item View Item