PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS STIFIN ( SENSING, THINGKING, FEELING, INTUITING, INSTING ) TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURIS JEMBER

Wilda Rif’ah, Fauziyah (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS STIFIN ( SENSING, THINGKING, FEELING, INTUITING, INSTING ) TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURIS JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-008-MPI2024)
WILDA RIF’AH FAUZIYAH_201101030011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

enelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan tes STIFIn di Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember. Konsep STIFIn merupakan sebuah konsep yang membahas perlikaku manusia berdasarkan kencenderungan kinerja otaknya. Tidak hanya itu, konsep STIFIn (Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting) juga masuk ke semua aspek termasuk kepemimpinan. Kepemimpinan itu sendiri merupakan salah saktu faktor yang memengaruhi kinerja guru. Oleh karena itu hal tersebut yang mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait seberapa besar pengaruhnya gaya kepemimpinan kepala sekolah berbasis STIFIn (Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting) terhap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah berbasis STIFIn (Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting) terhadap kinerja guru di SMP Nuris Jember. Penelitian ini menggunakan metode penlitian kuantitatif yang berjenis asosiatif.

Populasi meliputi seluruh guru di Sekolah Menengah Pertama Nuris Jember. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sama-sama berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS Versi 29.

Hasil analisis regresi linier mempunyai nilai sig ,0,001< 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah berbasis STIFIn (Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting) terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Peramtama. Dari hasil analisis yang diperoleh, koofesien determinasinya sebesar 0,400. Maka dari itu, bisa diketahui bahwa pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah berbasis STIFIn terhadap kinerja guru di Sekolah Menngah Pertama Nuris Jember sebesar 40 % sedangkan 60% lainyaberasal dari faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Sekolah; STIFIn (Sensing, Thingking, Intuiting, Feeling, Insting); Kinerja; Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: wilda Rif'ah faziyah
Date Deposited: 27 May 2024 02:19
Last Modified: 04 Jul 2024 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32772

Actions (login required)

View Item View Item