STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN SKILL ENTERPRENEURSHIP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 04 JEMBER

Maulana Ibrahim, Fadil Akhliq (2024) STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN SKILL ENTERPRENEURSHIP SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 04 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FADIL AKHLIQ MAULANA IBRAHIM.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fadil Akhliq Maulana Ibrahim, 2024: “Strategi Manajemen Pembelajaran
Kewirausahaan dalam Meningkatkan Skill Enterpreneurship Siswa di SMKN 04
Jember”.
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kewirausahaan, Skill Enterpreneurship
Di zaman sekarang ini berwirausaha mulai diminati hampir semua
kalangan. Wirausaha tidak memandang usia dan tidak memandang status, mulai
usia muda sampai tua, anak-anak bahkan dewasa, pelajar maupun seorang
pegawai, pengangguran atau tidak. Minatnya dalam berwirausaha dikarenakan
sulitnya mencari pekerjaan sehingga banyak orang yang menganggur. Dan orang
yang menganggur rata-rata lulusan dari SMK. Sehingga dalam hal demikian di
SMK ada mata pelajaran mengenai kewirausahaan. Di mata pelajaran
kewirausahaan ini para siswa diajarkan bagaimana cara berwirausha, sehingga
nantinya ketika lulus sekolah siswa sudah siap berrwirausaha dan bisa menekan
angka pengangguran.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan
implementasi strategi pembelajaran kewirausahaan di SMKN 04 Jember, kedua
untuk mendeskripsikan skill enterpreneurship siswa terhadap pembelajaran
kewirausahaan di SMKN 04 Jember, ketiga untuk mendeskripsikan evaluasi
pembelajaran kewirausahaan di SMKN 04 Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualtatif dengan jenis penelitian
field research (penelitian lapangan). Pada penelitian kualitatif ini peneliti ingin
mendeskripsikan hasil temuan yang didapat dalam penelitian. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Mengenai analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman
dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) dalam implementasi
manajemen pembelajaran yang dilakukan di SMKN 04 Jember bukan hanya
Planning, Organizing, Leading, dan Controlling saja, melainkan juga ada
Budgetting, Cordinating, dan Reporting 2) skill dasar mengenai enterpreneurship
yang dimiliki oleh siswa adalah basic literacy skill, technical skill, interpersonal
skill dan karakteristik enterpreneur yang dimiliki oleh siswa SMKN 04 Jember
adalah decisives, determation, dedication, devotion, dan dollar. 3) dan untuk
evaluasi pembelajaran yang dilakukan di SMKN 04 Jember adalah evaluasi
masukan, evaluasi proses, evaluasi produk, dan evaluasi konteks

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Skripsi Fadil Akhliq Maulana Ibrahim
Date Deposited: 22 May 2024 07:40
Last Modified: 22 May 2024 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32773

Actions (login required)

View Item View Item