UPAYA PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK PASCA PERCERAIAN ORANG TUA PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MAWAR KASIH KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI)

uinkhasjember, Aminatus Salamah (2024) UPAYA PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK PASCA PERCERAIAN ORANG TUA PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK MAWAR KASIH KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aminatus_Salamah_S20191065.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mawar Kasih adalah sebuah lembaga yang mengasuh anak-anak terlantar, anak yatim, piatu, atau yatim piatu, tapi di lembaga ini juga, ternyata masih ada anak-anak yang berada dalam pengasuhan lembaga karena sebab perceraian kedua orang tuanya. Padahal, pada dasarnya, anak adalah tanggung jawab kedua orang tuanya selama kedua orang tua mereka masih hidup, sehingga hak-hak anak tersebut tidak dapat terpenuhi, dan juga tanggung jawab orang tuanya tidak di jalankan sebagaimana mestinya.
Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana upaya perlindungan hak-hak anak korban perceraian orang tua yang dilakukan oleh pihak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mawar Kasih dan apa saja kendalanya? 2) Bagaimana upaya perlindungan hak-hak anak korban perceraian perspektif hukum positif dan hukum Islam?
Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mengetahui bagaimana upaya perlindungan hak-hak anak pasca perceraian orang tua yang dilakukan oleh pihak Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mawar Kasih dan apa saja kendalanya.2) Untuk mengetahui bagaimana upaya perlindungan hak-hak anak pasca perceraian orang tua perspektif hukum positif dan hukum Islam.
Penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis empiris. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan Pendekatan sosiologi hukum.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun kesimpulan pada penelitian ini adalah : 1) Upaya hak-hak anak yang dilakukan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mawar Kasih adalah dengan melakukan penggalangan dana yang berupa Champaign yang kemudian disalurkan untuk mencukupi segala kebutuhan anak-anak di lembaga tersebut yang berupa makan, minum,perawatan,perlindungan,pendidikan yang layak hingga mereka bisa mencukupi kebutuhan mereka sendiri dan memberikan fasilitas sesuai kebutuhan anak-anak, pihak lembaga juga melakukan forum virtual dengan Dinas Sosial terkait perkembangan anak-anak di lembaga tersebut.2) Upaya hukum islam dan juga hukum positif terhadap hak anak setelah perceraian ternyata tidak sepenuhnya terlaksana dengan apa yang tertulis dalam Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak maupun Kompilasi Hukum Islam, yang mana anak-anak tetap tidak mendapatkan hak pengasuhan dari kedua orang tuanya, atau bahkan juga kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah untuk pemenuhan hak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Hadhanah (Child Custody, Guardianship)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Aminatus Salamah
Date Deposited: 27 May 2024 02:30
Last Modified: 27 May 2024 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32782

Actions (login required)

View Item View Item