Implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X dalam menumbuhkan karakter pada peserta didik MAN 3 Banyuwangi

Lestari, Mei (2024) Implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X dalam menumbuhkan karakter pada peserta didik MAN 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achnad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 014 - PAI - 2024)
MEI LESTARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Abstract Mei Lestari, 2023: Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X Dalam menumbuhkan karakter Pada Peserta Didik MAN 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2023/2024
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning ,Sejarah Kebudayaan Islam dan Karakter Peserta Didik.
Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berbasis masalah, Pembelajaran berbasis masalah yaitu metode pembelajaran yang mendasarkan pembelajaran siswa pada permasalahan praktis, dengan kata lain siswa belajar melalui masalah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi ? 2) Bagaimana Dampak Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi ? 3)Faktor apa yang menghambat dan mendukung Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah :1)Untuk Mengetahui Bagaimana Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi. 2) Untuk Mengetahui Dampak Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi. 3) Untuk Mengetahui Faktor apa yang menghambat dan mendukung Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode deskripif kualitatif. Pengumpulam data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data ini menggunakan pengumpulan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan,yakni dengan mengumpulan data.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Menjelaskan tujuan pembelajaran dijelaskan, mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan berbagi tugas 2) Dampak PBL Pada SKI kelas X dalam Menumbuhkan Karakter Pada Peserta didik MAN 3 Banyuwangi diantaranya selalu toleransi sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya,disiplin. 3) Faktor yang menghambat dan mendukung Model PBL Pada SKI Kelas X dalam Menumbuhkan karakter yaitu faktor pendukung dari pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana. Serta faktor penghambat dari peserta didik sendiri ada beberapa yang gaduh dan mengganggu temen yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mei Mei Lestari
Date Deposited: 31 May 2024 07:17
Last Modified: 02 Jul 2024 04:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32784

Actions (login required)

View Item View Item