Pengembangan Video Pembelajaran Bilingual pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah

Yani Amelia, Rochmatul Jannah (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Bilingual pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-016-IPA-2024)
Skripsi Amel Kompres wm.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Peserta didik kelas VIII E di SMP Plus Darus Sholah yang merupakan kelas peminatan dua bahasa (bilingual), memiliki minat yang rendah terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Maka, perlu adanya pengembangan media pembelajaran baru yang menggabungkan antara bahasa dan science untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Peneliti memilih mengembangkan video pembelajaran bilingual pada materi sistem peredaran darah yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pemilihan video sebagai media pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik yang sebagian besar adalah audio-visual. Sistem peredaran darah dipilih sebagai materi yang dimuat dalam video pembelajaran karena materi ini bersifat abstrak, sehingga perlu visualisasi agar mudah untuk dipahami. Sarana prasarana di SMP Plus Darus Sholah juga mendukung pengembangan video pembelajaran bilingual ini dengan adanya LCD atau proyektor pada tiap kelas.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, hasil uji respon, dan hasil uji kepraktisan video pembelajaran bilingual pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah kelas VIII di SMP Plus Darus Sholah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan, Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Penerapan), dan Evaluate (Evaluasi). Namun, penelitian kali ini tidak sampai pada tahap akhir penelitian atau evaluate (evaluasi) dikarenakan terbatasnya waktu yang dimiliki oleh peneliti untuk sampai pada tahap akhir penelitian.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran bilingual materi sistem peredaran darah yang telah melewati tahap validasi bahasa, media, materi, dan praktisi (pengguna). Hasil validasi bahasa yakni 97,50% yang berkategori “sangat valid”, persentase hasil validasi media yakni 96,36% yang berkategori “sangat valid”, validasi materi yang melalui dua kali tahap validasi dengan persentase akhir 93,33% yang berkategori “sangat valid”, serta validasi oleh praktisi atau guru mata pelajaran memperoleh persentase 92,72% yang berkategori “sangat valid” juga. Uji coba produk dilakukan dengan uji respon dan uji kepraktisan. Hasil uji respon skala kecil dengan 6 peserta didik sebagai responden memperoleh rata-rata yakni 87,50% yang berkategori “sangat menarik”, dan uji respon skala besar dengan 27 peserta didik sebagai responden memperoleh rata-rata yakni 88,51% yang berkategori “sangat menarik”. Pada uji kepraktisan memperoleh hasil sebesar 92,30% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa video pembelajaran bilingual layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060104 Cell Metabolism
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060106 Cellular Interactions (incl. Adhesion, Matrix, Cell Wall)
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ms Yani Amelia Rochmatul Jannah
Date Deposited: 27 May 2024 01:49
Last Modified: 04 Jul 2024 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32793

Actions (login required)

View Item View Item