Problematika penerapan Metode Qur`ani Sidogiri dalam pembelajaran membaca Al-Qur`an di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Al-Islamiyah Tahun Pelajaran 2023/2024

Fatona, Imroatul (2024) Problematika penerapan Metode Qur`ani Sidogiri dalam pembelajaran membaca Al-Qur`an di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Al-Islamiyah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-041-PAI-2024)
Imroatul Fatona_202101010028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Metode Qur'ani Sidogiri merupakan salah satu dari banyaknya metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an. Namun, dalam usaha ini, ada berbagai tantangan atau problematika yang muncul dan menghambat keberhasilan belajar siswa. Beberapa di antaranya meliputi strategi pengajaran, kurikulum, hubungan guru dengan siswa, hubungan siswa dengan siswa, alat dan media pembelajaran, jam belajar, kondisi fisik sekolah, cara belajar siswa, dan tugas rumah.
Penelitian ini berfokus pada tiga aspek diantaranya: 1) Bagaimana problematika penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam pembelajaran ilmu tajwid siswa? 2) Bagaimana problematika penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam pembelajaran makhorijul huruf siswa? 3) Bagaimana problematika penerapan Metode Qur’ani Sidogiri dalam pembelajaran irama bacaan siswa di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Al-Islamiyah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan problematika penerapan metode qur’ani sidogiri dalam pembelajaran ilmu tajwid siswa. 2) Untuk mendeskripsikan problematika penerapan metode qur’ani sidogiri dalam pembelajaran makhorijul huruf siswa. 3) Untuk mendeskripsikan problematika penerapan metode qur’ani sidogiri dalam pembelajaran irama bacaan siswa di Madrasah Aliyah Al-Khoiriyah Al-Islamiyah.
Pendekatan penelitian ini menggunakan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dan Saldana, diantaranya: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian, diantaranya: 1) Pemahaman ilmu tajwid siswa yang beragam, keterbatasan jumlah tenaga pendidik, motivasi siswa, sarana prasarana pembelajaran al-qur’an tidak memadai, keterbatasan waktu pembelajaran.
2) Pelafalan makhorijul huruf siswa yang beragam, jumlah guru yang tidak sesuai dengan jumlah jilid, minat siswa, kurangnya dukungan keluarga. 3) Irama bacaan siswa dipengaruhi oleh bakat, kualifikasi guru yang belum sesuai stadar, kurangnya kedisiplinan siswa dalam belajar, tingkat intelegensi siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imroatul Fatona
Date Deposited: 27 May 2024 04:18
Last Modified: 01 Jul 2024 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32794

Actions (login required)

View Item View Item