Pengembangan media pembelajaran kelas V permainan ular tangga interaktif di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (SDNU) 05 Hidayatul Murid Ampel - Wuluhan - Jember

Husna, Umi Qoimatul (2024) Pengembangan media pembelajaran kelas V permainan ular tangga interaktif di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (SDNU) 05 Hidayatul Murid Ampel - Wuluhan - Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 033 - PGMI - 2024)
UMI QOIMATUL HUSNA T20194070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran atau media pembelajaran oleh guru menyebabkan guru kesulitan saat menyampaikan materi dan siswa tidak fokus saat proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa bosan dan jenuh dengan itu siswa kesulitan untuk memahami materi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Dengan itu perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik antusias dan semangat saat belajar supaya pembelajaran efektif. Media Ular Tangga Interaktif merupakan media yang dapat diterapkan saat pembelajaran di kelas IV SD NU 05 Hidayatul Murid.
Dalam pengembangan media ular tangga interaktif ada 3 rumusan masalah di antaranya yaitu : (1) Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Kelas IV
Permainan Ular Tangga Interaktif Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (Sdnu) 05 Hidayatul MuridDesa Ampel - Wuluhan - Jember? (2) Bagaimana kelayakan Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Kelas IV Permainan Ular Tangga Interaktif Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (Sdnu) 05 Hidayatul MuridDesa Ampel - Wuluhan – Jember ? (3) Bagaimana Keefektivan Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Kelas Iv Permainan Ular Tangga Interaktif Di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama (Sdnu) 05 Hidayatul MuridDesa Ampel - Wuluhan - Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainan Ular Tangga Interaktif Kelas IV di SD NU 05 Hidayatul Murid Desa Ampel Wuluhan Jember. (2) Mengetahui kepraktisan media pembelajaran permainan Ular Tangga Interaktif Kelas IV di SD NU 05 Hidayatul Murid Desa Ampel Wuluhan Jember. (3) Menguji Keefektivan media pembelajaran permainan Ular Tangga Interaktif Kelas IV di SD NU 05 Hidayatul Murid Desa Ampel Wuluhan Jember
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari metode Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket (kuisoner), dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan (1) produk yang dihasilan dari pengembangan media ini yaitu media ular tangga interaktif yang digunakan pada kelas IV materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). (2) Hasil kelayakan media ular tangga interaktif berdasarkan uji validasi oleh ahli media sebesar 96%, validasi ahli materi sebesar 96%, dan validasi ahli pembelajaran sebesar 100%. (3) Hasil uji keefektifan berdasarkan hasil soal pretest dan post test sebesar 60% sedangkan analisis peserta didik sebesar 96,42%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umi Qoimatul Husna
Date Deposited: 27 May 2024 06:36
Last Modified: 03 Jul 2024 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item