Perlindungan Hukum Terhadap Hak Narapidana Wanita Hamil Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember)

Husna, Wardatul (2024) Perlindungan Hukum Terhadap Hak Narapidana Wanita Hamil Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-HPI-2024)
Wardatul Husna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Wardatul Husna, 2023: Perlindungan Hukum Terhadap Hak Narapidana Wanita Hamil Perspektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember).
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak-Hak Narapidana Wanita Hamil, Hukum Positif dan Hukum Islam.
Narapidana wanita hamil mendapatkan hak-hak saat berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember, hak-hak tersebut harus dipenuhi oleh pihak Lapas karena kondisi yang dialami narapidana wanita hamil berbeda dengan narapidana lain. Kebutuhan khusus berupa pelayanan kesehatan, fasilitas dan sarana serta lingkungan Lapas Jember menjadi perhatian khusus dalam proses pemenuhan hak-haknya. Bentuk perlindungan hukum dari hukum positif dengan memberikan Peraturan dan Undang-Undang yang jelas dalam memenuhi hak-hak narapidana wanita hamil, serta pandangan hukum Islam terhadap perlindungan hukum bagi narapidana. Kondisi inilah yang dilihat dan diteliti sehingga perlindungan hukum terhadap hak-hak narapidana wanita hamil dapat terpenuhi.
Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana pemenuhan hak narapidana wanita hamil di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember? 2) Bagaimana perlindungan hukum terhadap hak narapidana wanita hamil di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember menurut hukum positif dan hukum Islam? Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemenuhan hak-hak narapidana wanita hamil di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember dan pandangan hukum positif serta hukum Islam terhadap perlindungan hukum bagi hak narapidana wanita hamil.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode hukum komparatif dengan jenis penelitian hukum empiris (field research) atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi baik berupa foto maupun dokumen yang ada untuk pengumpulan data yang akurat dari beberapa narasumber yang dipilih.
Hasil penelitian ini yaitu 1) pemenuhan hak-hak terhadap narapidana wanita hamil pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember berupa pemeriksaan kesehatan secara rutin, pemberian makanan tambahan dan susu formula khusus bagi ibu hamil serta hak lainnya yang diberikan atas kemampuan pihak LAPAS 2) perspektif hukum positif yang mengatur terhadap hak-hak narapidana wanita hamil hanya berfokus pada pelayanan kesehatan, pemberian makanan khusus dan perlakuan khusus tertera dalam UU No. 22 Tahun 2022 dan PP No. 32 Tahun 1999 dan hukum Islam menerangkan perlindungan terhadap hak narapidana wanita hamil berupa penundaan masa tahanan atau penerapan konsep maqashid syari’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180106 Comparative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ms Wardatul Husna
Date Deposited: 30 May 2024 01:42
Last Modified: 17 Jul 2024 06:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32798

Actions (login required)

View Item View Item