Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia Melalui Budaya Religius Di SMP Islam Tempeh Lumajang

Rosidah, Alfiatur (2024) Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia Melalui Budaya Religius Di SMP Islam Tempeh Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-044-PAI-2024)
Naskah Alfia watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan ciri karakter bangsa Indonesia yang Beriman, Bertaqwa, berakhlak, mandiri, tanggung jawab, kreatif, kritis dan disiplin. Namun untuk saat ini pendidikan karakter sangat menurun terutama pada kalangan remaja. Krisisnya pendidikan karakter ini dicirikan oleh kebiasaan yang menyimpang. Oleh karena itu diterapkan profil pelajar pancasila agar pelajar Indonesia menjadi pelajar yang berkarakter sesuai dengan nilai luhur yang diharapkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penguatan profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia melalui budaya religius di SMP Islam Tempeh Lumajang? 2) Bagaimana implikasi penguatan profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia bagi siswa di SMP Islam Tempeh Lumajang? 3) Bagimana faktor penghambat serta solusi dalam penguatan profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia melalui budaya religius di SMP Islam Tempeh Lumajang?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia melalui budaya religius di SMP Islam Tempeh Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan implikasi penguatan profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia bagi siswa di SMP Islam Tempeh Lumajang. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat serta solusi penguatan profil pelajar pancasila dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia melalui budaya religius di SMP Islam Tempeh Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang meliputi tiga langkah yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penguatan profil pelajar pancasila melalui budaya religius yakni melalui transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. 2) Implikasi penguatan profil pelajar pancasila bagi siswa bahwasannya memberikan dampak yang positif. 3) Faktor penghambat dan solusi dalam penguatan profil pelajar pancasila melalui budaya religius yakni kurangnya pemahaman guru, kemudian kurangnya jam serta sumberdaya dan kurangnya motivasi siswa. Solusinya guru akan belajar lebih dalam lagi, tidak hanya belajar lebih dalam lagi akan tetapi juga mengikuti pelatihan serta akan memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam melakukan projek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Alfiatur Rosidah
Date Deposited: 27 May 2024 06:50
Last Modified: 01 Jul 2024 05:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32802

Actions (login required)

View Item View Item