Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren di Kabupaten Jember Melalui Program One Pesantren One Product (OPOP)

Ulum, Miftahul (2024) Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pesantren di Kabupaten Jember Melalui Program One Pesantren One Product (OPOP). Masters thesis, UIN kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text (Tesis Pascasarajan 2024)
miftahul ulum_213206060026.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sebagai lembaga subkultur yang sudah mengakar dan melekat, eksistensi pesantren tidak lepas dalam diskursus wacana pendidikan di Indonesia. Lembaga pesantren memiliki posisi strategis karena berhadapan langsung dengan masyarakat yang tidak hanya mendidik, melainkan juga melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Sebagaimana amanat dalam Undang-undang Presiden Republik Indonesia No 18 tahun 2019 tentang Pesantren dalam pasal 4, mengatakan bahwa pesantren berfungsi sebagai lembaga pendidikan, lembaga dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Program One Pesantren One Product (OPOP) yang dimulai sejak tahun 2019 merupakan bagian dari program pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga sekaligus menjalankan amanat Undang-Undang terkait dengan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneltiian ini berlokasi di dua pondok pesantren anggota OPOP. Ada tiga pertanyaan mendasar dalam penelitian ini.

Pertama, Bagaimana penerapan pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren di Kabupaten Jember melalui program One Pesantren One Product (OPOP)? Kedua, Bagaimana dampak pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren di Kabupaten Jember melalui program One Pesantren One Product (OPOP)? Dan ketiga, Bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren di Kabupaten Jember melalui program One Pesantren One Product (OPOP)?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait dengan bagaimana penerapannya, dampaknya, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Hasil dari dari penelitian ini menunjukkan bahwa program ini bisa dirasakan manfaatnya secara signifikan oleh pesantren anggota OPO

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Miftahul Ulum
Date Deposited: 28 May 2024 08:49
Last Modified: 28 May 2024 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32806

Actions (login required)

View Item View Item