Pengaruh Literasi Budaya dan Literasi Digital terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang

Al Fajri, Yusron (2024) Pengaruh Literasi Budaya dan Literasi Digital terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
yusron-3.pdf

Download (22MB)

Abstract

Al Fajri, Yusron. 2024. Pengaruh Literasi Budaya dan Literasi Digital terhadap Moderasi Beragama Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Mas’ud, S.Ag. M.Pd.I.

Kata Kunci : Literasi Budaya, Literasi Digital, Moderasi Beragama

Berkembangnya teknologi digital telah memberikan dampak yang signifikan bagi pemahaman keagamaan serta keyakinan pada generasi Z. Perkembangan teknologi tersebut memberikan dampak positif maupun negatif, dalam menghadapi tantangan ini literasi digital menjadi hal yang penting sebagai bekal dalam ketika berada dalam dunia virtual yang luas namun tetap berpegang teguh pada ajaran agama yang moderat. Selain itu, nilai-nilai budaya juga sangat penting dalam menciptakan karakter seseorang yang moderat dan berfikir terbuka bagi keanekaragaman budaya dan agama. Oleh karenanya, dalam penelitian ini hendak melakukan analisis serta mendeteksi tingkat pengaruh dari literasi digital, literasi budaya dan pengaruh keduanya terhadap moderasi beragama pada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pada beberapa variabel yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yakni apakah literasi budaya secara parsial berpengaruh terhadap moderasi beragama, apakah literasi digital secara parsial berpengaruh terhadap moderasi beragama dan apakah literasi digital dan literasi budaya secara simultan berpengaruh terhadap moderasi beragama pada peserta didik di MAN Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi multivariate. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling sejumlah 89 peserta didik dari populasi 778 peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, angket dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji prasyarat regresi yakni uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Adapun dalam analisis menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji t, uji F dan uji koefisien determinan (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Literasi budaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap moderasi beragama pada peserta didik di MAN Lumajang dengan nilai thitung sebesar 12,059 lebih besar dari ttabel yaitu 1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari (α = 0,05). (2) Literasi digital secara parsial berpengaruh signifikan terhadap moderasi beragama pada peserta didik di MAN Lumajang dengan nilai thitung sebesar 4,420 lebih besar dari ttabel yaitu 1,988 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari (α = 0,05). (3) Literasi budaya dan literasi digital secara simultan berpengaruh signifikan terhadap moderasi beragama pada peserta didik di MAN Lumajang dengan nilai Fhitung sebesar 117,257 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,103 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari (α = 0,05). Adapun besar pengaruh literasi budaya dan literasi digital terhadap moderasi beragama yaitu R-Squared sebesar 0,732 atau 73,2% dengan kategori pengaruh model kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Yusron Al Fajri
Date Deposited: 29 May 2024 08:37
Last Modified: 29 May 2024 08:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32822

Actions (login required)

View Item View Item