Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Banyuwangi

Sururi, Mukhammad Faishol (2024) Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-007-MPI2024)
Sekripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Pembiayaan, Mutu Pendidikkan

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan memberikan dampak positif bagi kemajuan suatu bangsa. Kualitas sebuah negara dapat dilihat dari beberapa faktor, diantaranya adalah faktor pendidikan. Pada masa ini pembiayaan menjadi suatu permasalahan yang tidak dapat dihindarkan, karena pada dasarnya untuk mendapatkan sesuatu akan membutuhkan biaya, tanpa adanya biaya, proses jalannya pendidikan akan terhambat. Untuk menghasilkan output yang berkualitas maka diperlukan pengelolaan biaya. Pembiayaan pendidikan adalah tanggung jawab serentak antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta warga masyarakat. Mutu pendidikan dipengaruhi oleh prestasi yang didapatkan dan manajemen pembiayaan yang diterapkan. Alasan penulis melakukan penelitian di MTsN 4 Banyuwangi yakni madrasah mampu melaksanakan kegiatan maupun program yang sudah terstruktur dalam segi pembiayaan dan lembaga tersebut sudah memenuhi standar pendidikan yang menjadikan lembaga tersebut mampu bersaing dengan lembaga lain, selain itu siswa siswi madrasah mampu bersaing dalam perlombaan akademik maupun non akademik.
Fokus penelitian dalam penulisan sekripsi ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Banyuwangi? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Untuk Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitain kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah perencanaan yaitu meganalisis kebutuhan pembiayaan madrasah. Tahap awal pengajuan anggaran ke dinas disesuaikan dengan jumlah siswa siswi, tahap selanjutnya yakni merapatkan dalam RKTM, sumber penganggaran yakni dana DIPA/BOS dan dana Komite (infaq). Pelaksanaan pembiayaan dilakukan dengan 2 tahapan yaitu penerimaan dan pengeluaran. Penerimaan pembiayaan yang diperoleh dari dana DIPA/BOS, dan Dana Komite (Infaq). Pengeluaran pembiayaan berdasarkan rencana kegiatan madrasah yang sudah ditetapkan dalam RKTM. Evaluasi dilaksanakan di akhir tahun ajaran tetapi untuk anggaran tetap menggunakan tahun anggaran, evaluasi tersebut dinamakan Evaluasi Diri Madrasah atau EDM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Sururi Mukhammad Faishol
Date Deposited: 30 May 2024 03:20
Last Modified: 04 Jul 2024 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32841

Actions (login required)

View Item View Item