PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK USIA DINI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN GERAK LOKOMOTOR DI TK DHARMA WANITA SEMPUSARI

Islamiyah, Yeni Mutimmatul (2024) PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK USIA DINI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN GERAK LOKOMOTOR DI TK DHARMA WANITA SEMPUSARI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-001-PIAUD-2024)
Yeni Mutimmatul Islamiyah_205101050012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Yeni Mutimmatul Islamiyah, 2024: Penerapan Permainan Engklek pada Anak Usia Dini dalam Upaya Mengembangkan Gerak Lokomotor di TK Dharma Wanita Sempusari.
Kata Kunci : Permainan Engklek, Anak Usia Dini, Gerak Lokomotor
Penerapan permainan engklek di TK Dharma Wanita Sempusari
diharapkan dapat mengembangkan gerak lokomotor anak usia dini. Sesuai penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang memiliki kecepatan gerak keseimbangan tubuh dan ketepatan dalam melaksanakan perintah guru, akan tetapi ditemukan sebagian anak yang belum dapat mengatur keseimbangan tubuh saat melompat menggunakan satu kaki, reaksi gerakan anak lambat saat melakukan intruksi yang diberikan guru. Hal tersebut terlihat ketika guru mengintruksikan melompat namun sebagian anak melakukan gerakan menyerong atau bergeser bahkan hanya melangkahkan kaki seperti berjalan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana pengembangan kemampuan gerak lokomotor anak usia dini dengan penerapan permainan engklek di TK Dharma Wanita Sempusari?. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan pengembangan kemampuan gerak lokomotor anak usia dini dengan penerapan permainan engklek di TK Dharma Wanita Sempusari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purporsive. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dekriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, Kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Permainan Engklek pada Anak Usia Dini dalam Upaya Mengembangkan Gerak Lokomotor di TK Dharma Wanita Sempusari dikatakan berkembang sesuai harapan. Penerapan permainan engklek dilakukan melalui beberapa tahapan yakni guru menyediakan bahan ajar
berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), guru memberikan materi tentang permainan engklek, guru memberikan kesempatan bermain kepada anak didik, guru mengulangi pembelajaran permainan engklek serta guru melakukan
evaluasi terhadap anak didik guna mengukur sejauh mana perkembangan gerak lokomotor berjalan sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yeni Mutimmatul Islamiyah
Date Deposited: 31 May 2024 01:19
Last Modified: 05 Jul 2024 06:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32847

Actions (login required)

View Item View Item