Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Disposisi Matematis Di SMPN 5 Jember

Wulandari, Chindy (2024) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Disposisi Matematis Di SMPN 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-006-TMTK-2024)
Chindy Wulandari_204101070007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Chindy Wulandari, 2024: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Disposisi Matematis Di SMPN 5 Jember.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Teori APOS, Disposisi Matematis

Kemampuan pemecahan masalah seorang siswa tercermin dari sejauh mana mereka mampu mengimplementasikan konsep matematika pada kehidupan nyata. Maka dari itu, kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan bagi setiap siswa. Salah satu teori yang dapat digunakan untuk menganalis kemampuan pemecahkan masalah matematis siswa, yaitu teori APOS. Selain kemampuan pemecahan masalah siswa sebagai aspek kognitif, disposisi matematis sebagai aspek afektif juga diperlukan dalam pembelajaran matematika. Disposisi matematis dapat dicapai oleh siswa yang memiliki rasa suka masalah yang menantang dan terlibat secara aktif dalam memecahkan masalah matematika.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan Teori APOS materi persamaan garis lurus dengan disposisi matematis kategori tinggi. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan Teori APOS materi persamaan garis lurus dengan disposisi matematis kategori sedang. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan Teori APOS materi persamaan garis lurus dengan disposisi matematis kategori rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa terpilih dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, 2 butir soal tes uraian dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta menggunakan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulan bahwa 1) Siswa dengan disposisi matematis tinggi mempunyai kemampuan memecahkan masalah matematika karena mereka mampu menyelesaikan setiap langkah pemecahan masalah pada tiap butir soal dengan tepat sesuai tahapan teori APOS. 2) Siswa dengan disposisi matematis sedang juga cenderung mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah matematika, subjek mampu menyelesaiakan sesuai dengan langkah-langkahnya sehingga memenuhi semua tahapan teori APOS. 3) Siswa dengan disposisi matematis rendah, tidak mampu memecahan masalah matematika, subjek mampu mengerjakan dengan benar hanya sampai tahap aksi pada teori APOS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Chindy Wulandari
Date Deposited: 30 May 2024 06:35
Last Modified: 05 Jul 2024 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32851

Actions (login required)

View Item View Item