Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berbasis Multikultural Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Self Confidence Di SMP Negeri 7 Jember

Nurdina, Elvi (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berbasis Multikultural Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Self Confidence Di SMP Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-024-TMTK-2024)
ELVI NURDINA_202101070001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Elvi Nurdina, 2024: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam
Menyelesaikan Soal HOTS Berbasis Multikultural pada Materi SPLDV ditinjau
dari Self-confidence di SMP Negeri 7 Jember
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal HOTS berbasis Multikultural,
SPLDV, Self-confidence.
Self-confidence atau kepercayaan diri adalah keyakinan dalam kemampuan diri sendiri untuk menghadapi tantangan, situasi dengan sikap positif tanpa merasa ragu. Self-confidence yang dimiliki siswa memiliki kategori yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menjadi pengetahuan umum yang dimiliki oleh siswa sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu cara untuk menanamkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan memberikan soal HOTS berbasis multikultural. Agar siswa mampu dan memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, maka diperlukan Self-confidence yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis multikultural pada materi SPLDV kelas VIII bagi siswa yang memiliki self confidence tinggi. 2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis multikultural pada materi SPLDV kelas VIII bagi siswa yang memiliki self-confidence sedang. 3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis multikultural pada materi SPLDV kelas VIII bagi siswa yang memiliki self-confidence rendah.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember, dalam penelitian ini peneliti menggunakan purposive sampling dan didapatkan enam subjek yang terdiri dari dua subjek dengan self-confidence tinggi, dua subjek dengan self-confidence sedang, dan dua subjek dengan self-confidence rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, dan wawancara. Sedangkan dalam melakukan analisisdata peneliti menggunakan model Milles dan Huberman dengan tahapan yaitu kondensasi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) siswa yang memiliki tingkat self-confidence tinggi mampu memenuhi enam indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS berbasis multikultural. 2) siswa yang memiliki tingkat self-confidence sedang mampu memenuhi rata-rata empat indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS berbasis multikultural. 3) siswa yang memiliki tingkat self-confidence rendah hanya mampu memenuhidua indikator kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal HOTS berbasis multikultural.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Elvi Nurdina
Date Deposited: 30 May 2024 06:30
Last Modified: 05 Jul 2024 02:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32852

Actions (login required)

View Item View Item