Pengembangan Modul Ajar Untuk Optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas 1 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Uswah, Atiq Yufitriyah (2024) Pengembangan Modul Ajar Untuk Optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas 1 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tesis ATIQ YUFITRIYAH USWAH watermark.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Uswah, Atiq Yufitriyah, 2023. “Pengembangan Modul Ajar untuk Optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Kecamatan Silo Kabupaten Jember 2023/2024.” Pembimbing I. Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I Pembimbing II Dr: H. Abd Muhit. M.Pd.I.

Kata Kunci : modul ajar, projek penguatan profil pelajar pancasila (p5), kearifan lokal
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari kurikulum merdeka yang dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa problem, terbatasnya modul ajar yang relefan dengan kebutuhan peserta didik. Salah satu sekolah yang mengalami problem tersebut yakni MIN 5 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Fenomena inilah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian dalam bentuk pengembangan modul ajar berbasis kearifan lokal untuk optimalisasi P5 pada siswa kelas I di MIN 5 Jember. Kearifan lokal dipilih dengan tujuan agar peserta didik dapat mengenal dan menghargai produk-produk kearifan lokal yang ada di sekitarnya serta bisa berkontribusi untuk ikut serta melestarikannya.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan kevalidan modul ajar untuk optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal pada siswa kelas I di MIN 5 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. (2) Mendeskripsian kepraktisan pengembangan modul ajar untuk optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal pada siswa kelas I di MIN 5 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. (3) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan modul ajar untuk optimalisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berbasis kearifan lokal pada siswa kelas I di MIN 5 Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Metode penelitian dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan Research and Development dengan model ADDIE terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas I di MIN 5 Jember, adapun Teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Terdapat 3 validator Modul ajar dalam penelitian ini yaitu ahli bahasa, ahli desain dan ahli materi. Analisis data menggunakan prosentase untuk menganalisis kevalidan dan kepraktisan, sedangkan N-Gain untuk menganalisis kefektifan.
Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Kevalidan produk pengembangan modul ajar dari ahli bahasa dan desain memperoleh presentase sebesar 89% dengan kriteria sangat valid, ini menunjukkan bahwa modul ajar telah mendapat pemilihan bahasa yang tepat, serta desain yang memadai, dan ahli materi memperoleh presentase 88% dengan kriteria sangat valid, ini bisa diartikan bawahsannya modul ajar P5 berbasis kearifan lokal layak untuk digunakan. (2) Hasil praktikalitas produk memperoleh 94% yang di peroleh dari angket peserta didik dengan kriteria sangat praktis ini menunjukkan bahwa modul ajar tersebut berhasil mengakomodasi kebutuhan belajar siswa dengan baik, serta berhasil menarik minat mereka.
(3) Keefektifan pengembangan modul ajar dari N-Gain Score yang diperoleh rata-rata 0,68 dan setara dengan 68.95% yang artinya kategori cukup efektif untuk mengoptimalisasikan P5, yaitu produk yang dikembangkan oleh peneliti berupa modul ajar P5 Berbasis kearifan lokal cukup efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Pemikiran Pendidikan Islam
Depositing User: Atiq Yufitriyah Uswah Atiq
Date Deposited: 30 May 2024 07:20
Last Modified: 30 May 2024 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32855

Actions (login required)

View Item View Item